DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Metode Sturktural Analitik Sintetik (SAS) Siswa Kelas I SD Katolik In’ane

Naitili Cornelia, Amanda.

Abstrak


RINGKASAN

Naitili Cornelia, Amanda. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Metode Sturktural Analitik Sintetik (SAS) Siswa Kelas I SD Katolik In’ane. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I).Dr. I. Made Suardana. S. Pd, M. Pd,

(II) Dr. M. Ramli. M. A.

 

Kata Kunci: metode strukutral analitik sintetik, keterampilan menulis permulaan.

Pembelajaran menulis permulaan di kelas I sekolah dasar merupakan pembelajaran tahap awal. Keterampilan menulis yang diperoleh siswa di kelas I sekolah dasar akan menjadi dasar pembelajaran menulis di kelas selanjutnya. Pembelajaran menulis permulaan di kelas I bertujuan untuk melatih siswa untuk menuliskan lambang-lambang tulis yang dirangkaikan dalam sebuah struktur maka lambang-lambang itu bermakna. Namun kenyataan yang terjadi di lapangan, ditemukan masalah tentang siswa kelas I SD yang keterampilan menulis permulaanya masih rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam menulis permulaan yaitu terlalu lambat dalam menulis, membuat tulisan terbalik seperti pada huruf b, d, g, h, n, p, w, m, u, dan tidak mampu untuk merangkai huruf menjadi suku kata, kata maupun menjadi kalimat yang utuh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa melalui metode struktural analitik sintetik (SAS).

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas I dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Katolik In’ane Kecamatan Biboki Moenleu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen pengambilan data dilakukan dengan lembar observasi kegiatan guru dan siswa serta soal tes keterampilan menulis permulaan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan terhadap keterlaksanaan kegiatan guru dan siswa dalam pembelajaran menulis permulaan melalui metode SAS dan keterampilan menulis permulaan siswa menggunakan metode SAS.

Hasil paparan data dari penerapan metode SAS dalam pembelajaran menulis permulan pada siklus I sampai siklus III maka diketahui hasil tindakan penelitian yang dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tindakan yang dilakukan pada tahap perencanaan yaitu guru menyusun perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan, guru melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang telah disusun. Pada tahap observasi, observer menggunakan pedoman observasi yang telah disiapkan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran sedangkan pada tahap refleksi, guru bersama observer merefleksikan kekurangan yang terjadi dalam proses pembelajaran dan dijadikan sebagai bahan perbaikan untuk pembelajaran siklus berikutnya. Apabila kriteria tindakan yang ditetapkan sudah tercapai maka penelitian tidak dilanjutkan dan dapat dikatakan berhasil.

Adapun hasil temuan penelitian berupa temuan proses dan temuan hasil aktivitas belajar keterampilan menulis permulaan melalui metode SAS. Temuan proses diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis permulaan. Berdasarkan data hasil temuan penelitian maka diketahui terjadi peningkatan aktivitas belajar keterampilan menulis permulaan melalui metode SAS dari siklus I hingga siklus III. Hal ini diketahui dari perolehan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa mencapai 60.33% pada siklus I, siklus II 75.42% dan siklus III 82.42% sedangkan perolehan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 69.35% siklus I, siklus II 81,55% dan siklus III 86,69%.

Pada temuan hasil penelitian diperoleh dari hasil tes keterampilan menulis permulaan siswa. Berdasarkan data yang ditemukan maka diketahui terjadi peningkatan hasil aktivitas belajar keterampilan menulis permulaan melalui metode SAS dari siklus I hingga siklus III. Hal ini diketahui dari rata-rata presentase tes keterampilan menulis permulaan siswa yaitu siklus I 53.58%, siklus II 68.67% dan siklus III 79.92%. Berdasarkan data temuan penelitian maka diketahui bahwa target kriteria tindakan yang ditetapkan sudah tercapai yaitu ≥80%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode struktural analitik sintetik (SAS) dapat meningkatkan keterampilan menulis permulan siswa kelas I SD Katolik In’ane.

SUMMARY

Naitili Cornelia, Amanda. 2019. Beginning Writing Skill Improvement Through Synthetic Analytic Structural (SAS) Methods Class I Students in Catholic In'ane Elementary School. Thesis. Basic Education Study Program Concentration of Class Teachers, Graduate Program of Malang State University.

Advisor:

(I).Dr. I. Made Suardana. M. Pd,

(II) Dr. M. Ramli. M. A.

 

Keywords: synthetic analytic structural method, beginning writing skill.

Beginning writing learning in grade I elementary school is an early learning stage. Writing skill which is obtained by the students in grade I of elementary school will be the basis of writing learning in the next class. Beginning writing learning in class I aims to train students to write written symbols that are arranged in a structure so that the symbols are meaningful. This study aims to improve students' beginning writing skill through Synthetic Analytic Structural (SAS) Method.

The type of research used is classroom action research. The research subjects were class I students with 25 students consisting of 13 male students and 12 female students. This research was conducted at Catholic In’ane Elementary School Biboki Moenleu Sub-District, North Central Timor Regency, East Nusa Tenggara Province 2018/2019. The instrument of data retrieval is done by observation sheet of teacher and student activities and test questions for students’ beginning writing skills. Data analysis in this study is the implementation of teacher and student activities and students' beginning writing skills.

The results of the exposure data from the application of the SAS method in learning to write the beginning of the on cycle I until cycle III, then known the results of action research conducted through the stages of planning, implementation, observation and reflection. Actions carried out at the planning stage that teachers devise learning tools that will be used in the learning activities. At the stage of implementation, the teacher conducts the learning activities using learning tools that have been prepared. At the stage of observation, the observer uses the observation guidance has been prepared to observe the activities of teachers and students in the learning process while at the stage of reflection, the teacher and observer reflect on the deficiencies that occur in the learning process and used as repair materials for learning the next cycle. If the criteria defined actions have already been achieved then the research is not continued and can be said to be successful.

As for the results of the research findings in the form of the findings of the process and findings of the results of the activity of learning writing skills through the beginning of the SAS method. The findings of the process obtained from the results of observation of the activities of teachers and students in the process of learning to write the beginning. Based on data the findings of the research known to increase the activity of learning writing skills through the beginning of the SAS from cycle I up to cycle III. It is known from the acquisition the average percentage of the feasibility study by the student achieves 60.33% in cycle I, cycle II 75.42% and cycle III 82.42% while the acquisition the average percentage of the feasibility of learning by the teacher reached 69.35% cycle I, cycle II 81,55% and cycle III 86,69%.

 

On the findings of the research obtained from the results of the test of writing skills beginning students. Based on the data found, then be aware there is increased activity results in learning beginning writing skills through the SAS method from cycle I up to cycle III. It is known from the average percentage of the test the writing skills of the beginning students that first cycle 53.58%, cycle II 68.67% and cycle III 79.92%. Based on the data findings of the study it is known that the target criteria defined actions already achieved is ≥80%. Therefore, it can be concluded that the application of the method of structural analytical synthetic (SAS) can improve the writing skills of the first grade of Catholic In'ane Elementary students.