DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Jodipan Tahun Pelajaran 2018/2019

Wulandari A, Nur.

Abstrak


ABSTRAK

Wulandari A, Nur. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Jodipan Tahun Pelajaran 2018/2019. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulton, M.Pd, (II) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W., M.A., M.Si.

 

Kata Kunci: Inside Outside Circle, keterampilan sosial, hasil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap keterampilan sosial siswa kelas IV SD Negeri Jodipan;

(2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Jodipan. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Exsperimenal Design dengan bentuk Nonequivalent control grup design, yaitu terdapat dua kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan subjek berjumlah 65 siswa. Data keterampilan sosial siswa didapatkan melalui angket keterampilan sosial. Dan hasil belajar dikumpulkan dengan instrument tes berbentuk pilihan ganda dan essay. Kemudian dianalisis menggunakan statistik parametrik independent sample t test.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa

(1) ada pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap keterampilan sosial yang dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu thitung sebesar 4,919 dan ttabel sebesar 1,998 dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05;

(2) ada pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu thitung sebesar 2,264 dan ttabel sebesar 1,998 dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,027 lebih kecil dari alpha 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian yakni,

(1) ada pengaruh model pembelajaran tipe inside outside circle terhadap keterampilan sosial siswa; dan

(2) ada pengaruh model pembelajaran tipe inside outside circle terhadap hasil belajar siswa.

ABSTRACT

Wulandari A, Nur. 2019. The Influence of Inside Outside Circle type of Cooperative Learning Model on Social Skills and Learning Outcomes of Fourtth Grade  Students at SDN Jodipan Academic Year 2018/2019. Basic Education Study Program Concentration of Class Teachers, Postgraduate of Malang State University.

Advisor:

(I).Dr. Sulton, M.Pd,

(II) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W., M.A., M.Si.

 

Keywords: Inside Outside Circle, social skills, learning outcomes

This study aims to determine:

(1) the influence of cooperative learning type inside outside circle on the social skills of fourth grade students at Jodipan Elementary School;

(2) the effect of cooperative learning type inside outside circle on the learning outcomes of fourth grade students at Jodipan Elementary School. This type of research uses Quasi Exsperimenal Design with the form of Nonequivalent control group design, that is, there are two groups consisting of the experimental group and the control group with the subject numbering 65 students. Data on students' social skills are obtained through social skills questionnaires. And learning outcomes are collected with test instruments in the form of multiple choices and essays. Then analyzed using parametric statistics independent sample t test.

Based on the results of the study it can be explained that

(1) there is the influence of the Inside Outside Circle learning model on social skills as evidenced by the value tcount is greater than ttable, that is, tcount is 4.919 and ttable is 1.998 with the value of Sig. (2-tailed) is 0,000 smaller than alpha 0.05;

(2) there is the influence of Inside Outside Circle learning model on learning outcomes as evidenced by the tcount greater than ttable, namely tcount of 2.264 and t table of 1.998 with the Sig. (2-tailed) is 0.027 smaller than alpha 0.05. The conclusions from the results of the study are,

(1) there is the influence of the Inside Outside Circle learning model on students' social skills; and

 

(2) there is the influence of the Inside Outside Circle learning model on student learning outcomes.