DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Metode Pembelajaran Penemuan (Learning by Discovery) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI IPA-1 MAN Gondanglegi Tahun Pelajaran 2009/2010 pada Materi Limit Fungsi Trigonometri. (Tesis)

Sugeng Hariyono

Abstrak


Limit fungsi trigonometri mempunyai peranan penting dalam bidang matematika. Oleh sebab itu, penguasaan terhadap limit fungsi trigonometri perlu mendapatkan perhatian yang serius sejak awal. Meskipun demikian, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap limit fungsi trigonometri masih rendah. Siswa cenderung menghafal prinsip dasar yang ada pada limit fungsi trigonometri, tidak terlibat proses memperolehnya. Oleh karena itu diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dalam membangun penguasaan siswa terhadap limit fungsi trigonometri dengan metode penemuan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pembelajaran dengan metode penemuan yang dapat meningkatkan penguasaan konsep limit fungsi trigonometri, dan (2) menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada konsep limit fungsi trigonometri.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI IPA-1 MAN Gondanglegi Kabupaten Malang.Subyek wawancara 4 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 1 siswa berkemampuan rendah. Pemilihan subyek wawancara berdasarkan hasil tes awal dan pertimbangan bahwa siswa-siswa tersebut lancar dalam berkomunikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penemuan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI IPA-1 MAN Gondanglegi. Metode penemuan terbagi menjadi 6 tahap, yaitu (1) pemberian stimulus, (2) problem statement, (3) data collection, (4) data prosessing, (5) verification, dan (6) generalization.

Bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan penelitian pada sekolah lain sehingga akan diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektifitas pembelajaran dengan metode penemuan pada materi limit fungsi trigonometri.

 

Abstract:

Keywords : Method of Learning by Discovery, Limit Function of Trigonometry

Limit function of trigonometry plays important role in mathematics. Therefore, in mastering limit function of trigonometry, it requires more serious attention since the beginning. However, the facts on the spot show lower level of the student's mastering on the limit function of trigonometry. The students tend to memorize the basic principles on the limit function of trigonometry, without getting involved in the acquiring process. Therefore, great efforts are required in establishing the students to have the mastery on limit function of trigonometry using the discovery method. Objectives of this research are (1) describing the learning by discovery method that could improve the mastering over the limit function of trigonometry concept, and (2) describing the improvement of study result of the students on the limit function of trigonometry concept.

This research used qualitative approach and design of class action research. The research was performed over the students of the eleventh grade of IPA-1 MAN Gondanglegi, Malang Regency. Subjects of the interview were 4 students who have different level of capabilities, 1 student has higher capability, 2 students have medium level capability, and 1 student has lower capability. Selection of the interviewed subjects was based on result of the preliminary test and consideration that these students were communicative during the interview.

Result of the research showed that the discovery method could improve the study result of the eleventh grade students of IPA-1 MAN Gondanglegi. The discovery method divided into 6 steps, such as (1) provide stimulus, (2) problem statement, (3) data collection, (4) data processing, (5) verification, and (6) generalization.

For other researchers, who are interested in doing such research, should do the research at other schools, therefore, they will obtain more obvious description about learning effectiveness using the discovery method on the subject of limit function of trigonometry.