DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Dukungan Sosial dan Self-Esteem terhadap Stres Akademik melalui Kemampuan Resiliensi Siswa SMA

Aza. Ihdan Nizar,

Abstrak


RINGKASAN

Aza, Ihdan Nizar. 2019. Pengaruh Dukungan Sosial dan Self-Esteem terhadap Stres Akademik melalui Kemampuan Resiliensi Siswa SMA. Tesis. Program Studi S2 Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing;

(I).Dr. Adi Atmoko, M.Si. ;

(II) Dr. Imanuel Hitipeuw, M.A.

 

Kata kunci:dukungan sosial, self-esteem, stres akademik, resiliensi, siswa SMA.

Siswa dalam menempuh studi tidak menutup kemungkinan mengalami permasalahan dan berisiko mengalami kegagalan, salah satu yang dapat menyebabkan kondisi tersebut adalah stres akademik yang dialami siswa. Terjadinya permasalahan stres akademik pada siswa dikarenakan rendahnya kemampuan adaptasi positif terhadap tekanan atau resiliensi yang berperan sebagai imunitas siswa terhadap stres, resiliensi siswa sendiri dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti dukungan sosial dan faktor eksternal seperti self-esteem. Penelitian ini bertujuan menguji model stres akademik dari segi resiliensi sebagai imunitas serta dukungan sosial maupun self-esteem sebagai potensi pendukung.

Penelitian ini masukpadakategoripenelitianex post factodenganmenggunakanpendekatankuantitatifdanmetode analisis jalur yang dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Kediri tahun ajaran 2018/2019.Populasiberjumlah 1209siswa dan sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 307 siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala dukungan sosial, skala self-esteem, skala resiliensi dan skala stres akademik yang dikembangkan oleh penulis dengan merujuk indikator dari beberapa ahli. Validitas instrument dilakukandengananalisis butirdenganketentuan valid jikar> 0,30 dan reliabilitas > 0,70.

Hasil penelitian menunjukkansetiap jalur memiliki nilai sig < 0,05 yang artinya model yang ditawarkan adalah model yang layak (fit).Model tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut.Pengaruh langsung dukungan sosial dan self-esteemterhadap resiliensi masing-masing sebesar 0,242 dan 0,453 sig (0,000).Pengaruh langsung dukungan sosialsebesar -0,153, self-esteem-0,118,dan resiliensi-0,583  terhadap stres akademik dengansig 0,000. Pengaruh tidak langsung dukungan sosial dan self-esteem terhadap stres akademik melalui resiliensi masing-masing sebesar -0,141 dan -0, 264.

Temuan ini menyarankan pada konselor maupun sistem sekolah untuk memfasilitasi lingkungan belajar siswa yang penuh kehangatan sehingga dukungan sosial siswa meningkat dan mampu menjadi individu yang resilien dan mengurangi permasalahan stres akademik. Selain itu, pandangan positif sangat dianjurkan untuk membantu siswa lebih optimis dan meningkatkan self-esteem.Sekolah dianjurkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kooperatif dibandingkan lingkungan belajar yang kompetitif sehingga memfasilitasi tumbuhnya dukungan sosial.Peneliti yang akandatangdisarankanuntukmempertimbangkanvariabeldukungansosial, self-esteemdanresiliensidalamupayamenurunkanstresakademik.