DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Konsep Refleksi dengan Penajaman Ciri Questioning& Claryfying Bagi Mahasiswa. (Tesis)

Kristiani Kristiani

Abstrak


Pembelajaran di Perguruan Tinggi menuntut mahasiswa untuk memahami konsep-konsep dasar matematika. Salah satu matakuliah wajib di jurusan pendidikan Matematika STKIP PGRI Blitar adalah Geometri Transformasi. Salah satu materi dalam matakuliah ini adalah konsep refleksi. Pada materi ini mahasiswa cenderung menghafal rumus dan tidak mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah. Oleh karena itu diperlukan suatu prosedur pembelajaran yang dapat membangun pemahaman terhadap konsep refleksi.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prosedur pembelajaran konsep refleksi dengan penajaman ciri questioning& claryfying bagi mahasiswa tingkat I kelas IB jurusan Pendidikan Matematika STKIP PGRI Blitar tahun ajaran 2009/2010. Pembelajaran dengan penajamam ciri questioning& claryfying ini merupakan pembelajaran dengan strategi reciprocal teaching tetapi dilakukan penajaman pada dua ciri strategi tersebut. Pada pembelajaran ini mahasiswa melakukan questioning dan jawaban terhadap questioning tersebut pada kelompok kecil yaitu kelompok dengan posisi tempat duduk yang berdekatan, selanjutnya dalam kelompok juga melakukan clarfying jika terdapat pertanyaan ataupun materi yang ambigu. Setelah dilakukan questioning& claryfing dalam kelompok perwakilan mahasiswa mempresentasikan hasil questioning& claryfing dikelas,selanjutnya mahasiswa yang lain mengklarifikasi jika terdapat pertanyaan atau materi yang ambigu atau keliru. Pada pembelajaran ini dosen hanya sebagai fasilitator.

Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh tiga validator diperoleh instrumen penelitian dan perangkat pembelajaran dalam kategori baik sehingga dapat digunakan dalam penelitian. Sedangkan dari pengamatan oleh observer bahwa aktivitas dosen dan mahasiswa dalam kategori baik. Sedangkan dari hasil tes akhir tindakan diperoleh hasil tes mahasiswa juga dalam kategori baik. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa prosedur pembelajaran konsep refleksi dengan penajaman ciri questioning& claryfying adalah (1) Mahasiswa secara berkelompok melakukan questioning yaitu mahasiswa menyusun pertanyaan dan jawaban berdasarkan bahan ajar tentang konsep refleksi pada LKM, (2) Mahasiswa secara berkelompok melakukan clarifying yaitu mengklarifikasi terhadap pertanyaan atau jawaban dari pertanyaan baik dalam kelompok maupun dalam presentasi di kelas. Sedangkan dampak penerapan prosedur pembelajaran konsep refleksi dengan penajaman ciri questioning& claryfying dapat memperbaiki hasil belajar konsep refleksi yaitu hasil belajar mahasiswa 86,7 % yang memperoleh nilai lebih dari sama dengan 65.

 

Abstract:

Keywords: Reflection Concept, Questioning, Claryfying

The learning process in the University needs student to understand basic concepts of Mathematic. One of basic subject in Mathematic department in STKIP PGRI of Blitar is Transformation Geometry. The one of material in this subject is reflection concept. In those material the student tend learn by heart the formula and they are not able in problem solving.

This research has purpose in order to result learning concept of reflection by sharping questioning& clarifying characteristics for student university fist grade class IB Mathematics department of STKIP PGRI Blitar 209/2010. Learning by sharping questioning& clarifying represent learning by reciprocal teaching strategy but it t is conducted sharping toward two characteristics of the strategy. In this learning process, the student apply questioning ant the answer towards those strategy in small group, those are the students which have close seat, the those group do clarifying too. If there are some questions or ambiguous material. After questioning and clarifying are conducted in representative groups, the student present the results of questioning& clarifying in the class, the order student clarify if there is a ambiguous or false question. In this learning process the lecture is only a facilitator.

Based on the validation result which have been done by three validator, it is gotten research instrument and learning devices in good category so it can be used in the research. In the other side, through the observation by the observer that activity of students or lectures are good condition, Then it the last result test activity are gotten the student's result test in the good category too.

Based on this case can be concluded that the prosedur of reflection learning concept by sharping characteristic of questioning& claryfying for students university have characteristics are: (1). The students in a groups and answer based on learning sources about reflection concept in LKM, (2). The students in a group do clarifying, that is clarify about question or anwer from good question in a group or in class presentation. The the impact of learning concept of reflection procedure by sharping characteristic of questioning & clarifying can repair the reflection concept, that is the student learning result whict rate 86,7%, who get a value equals 65.