DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pendidikan Ekonomi Berwawasan Lingkungan Pada Keluarga Peternak Sapi Perah Desa Sendang Kabupaten Tulungagung

Impalawati, Yustia.

Abstrak


RINGKASAN

Impalawati, Yustia. 2019. Analisis Pendidikan Ekonomi Berwawasan Lingkungan Pada Keluarga Peternak Sapi Perah Desa Sendang Kabupaten Tulungagung. Tesis, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Prof. Dr. Wahjoedi, M.E., M.Pd.,

(II) Prof. Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E., M.P., Ak.

 

Kata kunci : pendidikan ekonomi informal, pendidikan ekonomi berwawasan lingkungan,  keluarga peternak sapi perah.

Orang tua mempunyai peran utama dalam membentuk perilaku anak, seperti membentuk perilaku ekonomi berwawasan lingkungan. Perilaku tersebut dapat diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini. Tujuan dari penelitian ini ada tiga yaitu untuk mengetahui makna kegiatan usaha sapi perah yang berwawasan lingkungan, proses penerapan perilaku berwawasan lingkungan oleh peternak sapi perah, dan proses implementasi pendidikan ekonomi berwawasan lingkungan yang dilakukan oleh keluarga peternak sapi perah.

Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian fenomenologi. Lokasi penelitian ini terletak di Desa Sendang, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan melalui uji kredibilitas dengan tiga tahap yaitu perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan membercheck.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui evaluasi kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan, dapat diketahui bahwa pengetahuan yang dimiliki oleh peternak beperan sebagai upaya melestarikan lingkungan dan mengembangkan ide yang mampu menambah produktivitas perekonomian para peternak. Perilaku berwawasan lingkungan yang diterapkan peternak merupakan tindakan dalam pembangunan yang berkelanjutan demi mempersiapkan keberlangsungan generasi mendatang. Penerapan perilaku ekonomi berwawasan lingkungan pada anak-anak dapat bermanfaat sesuai aspek ekonomi dan lingkungan.

Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, ada tiga saran yang dapat dikemukakan yaitu:

(1) dibutuhkan suatu kerjasama antara pemerintah, perguruan tinggi dan KUD Tani Wilis dalam mengembangkan kegiatan usaha peternak agar lebih berwawasan lingkungan,

(2) perlu adanya penambahan pelatihan-pelatihan kepada para peternak untuk menampung ide-ide kreatif mereka yang berwawasan lingkungan,

 

(3) peran orang tua dalam pendidikan informal harus dioptimalkan kembali untuk membentuk pendidikan ekonomi berwawasan lingkungan pada anak-anak mereka.