DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbandingan Ecological Literacy Siswa SMA Adiwiyata dan Non Adiwiyata

Rahmadiani Rahmadiani

Abstrak


Penumbuhan kesadaran pentingnya menjaga lingkungan (ecological literacy) pada diri siswa dapat dilakukan melalui program adiwiyata. Adiwiyata merupakan program yang dibentuk dengan tujuan mewujudkan sekolah yang berwawasan dan berbudaya lingkungan. Program adiwiyata dalam pembelajaran telah terintegrasi pendidikan lingkungan hidup.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan ecological literacy siswa SMA adiwiyata dan non adiwiyata. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPS pada SMAN 2 Malang dan SMAN 9 Malang. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar tes essay untuk mengukur pengetahuan lingkungan, lembar angketuntuk mengukur sikap peduli lingkungan dan keterampilan mengatasi kerusakan lingkungan. Analisis data menggunakan uji anova satu jalur (one way anova).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa

(1) terdapat perbedaan pengetahuan lingkungan pada sekolah adiwiyata mandiri dan non adiwyata, karena pada sekolah adiwiyata mandiri seluruh pembelajaran terintegrasi dengan pendidikan lingkungan

(2) terdapat perbedaan sikap peduli lingkungan pada sekolah adiwiyata mandiri dan non adiwiyata, karena pada sekolah adiwiyata mandiri tersedia sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan serta memiliki kegiatan-kegiatan berwawassan lingkungan

(3) tidak terdapat perbedaan keterampilan mencegah kerusakan lingkungan pada sekolah adiwiyata mandiri dan non adiwiyata, karena keterampilan siswa tidak diukur melalui aktivitas adiwiyata.

Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini yaitu,

(1) pada sekolah adiwiyata senantiasa menjaga indikator pencapaian adiwiyata, agar pelaksanaannya terus berlangsung secara maksimal

(2) pada sekolah non adiwiyata mengadakan kegiatan-kegiatan lingkungan dalam meningkatkan ecological literacy siswa.