DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Entrepreneurship Education dan Internal Locus of Control Terhadap Entrepreneurial IntentionMelaluiEntrepreneurial Attitude (Studi Pada Siswa SMK Negeri Terakreditasi A Se-Kota Malang)

Mulyo, N, B.

Abstrak


ABSTRAK

Mulyo, N, B. 2019. Pengaruh Entrepreneurship Education dan Internal Locus of Control Terhadap Entrepreneurial IntentionMelaluiEntrepreneurial Attitude Studi Pada Siswa SMK Negeri Terakreditasi A Se-Kota Malang. Tesis, Pendidikan Bisnisdan Manajemen, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika, R.W.W., M.A., M.Si,

(2) Dr. Heny Kusdiyanti, S. Pd., M. M.

 

Kata Kunci: Entrepreneurship Education, Internal Locus of Control, Entrepreneurial Attitude, Entrepreneurial Intention

Permasalahan yang dialami negara Indonesia saat ini adalah pengangguran yang disebabkan banyaknya generasi muda yang telah lulus sekolah. Tidak di imbangi dengan lowongan pekerjaan yang merata untuk seluruh wilayah. Solusinya adalah individu tersebut hatus memiliki entrepreneurial intention. Tujuanpada penelitian ini adalah

(1) Untuk menjelaskan hasil penelitianpada setiap variabelpenelitian, antara lain, entrepreneurship education, internal locus of control, entrepreneurial attitude, entrepreneurial intention.

(2) Menginformasikan seberapa banyak bisnis yang dijalani siswa SMK Negeri Terakreditasi A Se-Kota Malang, Indonesia.

(3) Menggambarkan karakteristik siswa SMK Negeri Terakreditasi A Se-Kota Malang, Indonesia.

(4) Menganalisis hasil niat berwirausaha siswa SMK Negeri Terakreditasi A Se-Kota Malang.

Populasipadapenelitianinisebanyak 726 siswadariseluruhsekolah menegah kejuruan terakreditasi A se-Kota Malangpada tahun 2018-2019 danmengambilsampelsebanyak 505 siswa. Analisis data padapenelitianinimenggunakananalisis data dengan menggunakan analisys path.Hasil dari peneliti menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel entrepreneurship education, internal locus of control, entrepreneurial attitude, terhadap entrepreneurial intention.

 

Jadi, dapat diketahui bahwa SMK Negeri Terakreditasi A Se-Kota Malang adalah kategori sekolah yang bagus. Walaupun ditemukan bisnis pribadi yang dimiliki siswa sangat rendah jika dibandingkan dengan jumlah populasi penelitian. Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan maupun saran bagi sekolah dan pemerintah Kota Malang masa akan datang. Dalam peningkatan mutu pendidikan dan pelatihan bisnis kecil secara progresif guna menghadapi permasalahan pengangguran diwilayah Kota Malang, Jawa Timur Indonesia