DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Budaya Lokal di Maluku

Ratumanan, D, Stelie.

Abstrak


Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai ke Binekaanya, baik suku, bahasa, agama, serta kebudayaanya harus menjadikan sebagai harta karun kekayaan bangsa untuk persatuan. Kenyataan yang ada di lapangan, guru sering mengalami kesulitan dalam membelajarkan siswa tentang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, karena dalam pelaksanaan pembelajaran itu sendiri kurang memberikan makna langsung yang bisa dirasakan siswa.Proses pembelajaran dituntut selalu menyesuaikan dengan dinamika masyarakat. Sehingga Guru harus memiliki kemampuan dan kepekaan dalam memahami fenomena, realitas dan potensi yang dimiliki oleh siswa.

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan buku bahan ajar IPS berbasis budaya lokal di Maluku untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dengan adanya bahan ajar guru akan lebih runtut dalam mengerjakan materi kepada siswa dan tercapai semua kompetensi yang telah ditentukan sebelumnya. Rancangan pembelajaran guru hendaknya diarahkan dan difokuskan sesuai dengan kondisi dan perkembangan siswa agar pembelajaran yang dilakukan benar-benar berguna dan bermanfaat bagi siswa. Nilai-nilai budaya lokal yang mulai terabaikan dalam kehidupan masyarakat perlu diangkat dalam pembelajaran IPS dan mampu mengembangkan aspek afekttif, kognitif, psikomotor dan keterampilan sosial siswa.

Teori pembelajaran kontekstual  terjadi hanya ketika siswa memproses informasi atau pengetahua baru sehingga dapat diserap kedalam benaknya dan mampu menghubungkan dengan kehidupan nyata.Jenis penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV dengan jumlah siwa 23 orang, 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Ambon, Kecamatan Sirimau, Provinsi Maluku, Kota Ambon, tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen pengambilan data dilakukan dengan lembar validasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

 

Data hasil penggunaan buku bahan ajar IPS berbasis budaya lokal di Maluku, dilihat dari evaluasi proses dan hasil. Berdasarkan hasil analisis data dan revisi diperoleh Hasil evaluasi formatif di kelas IV SD Negeri 4 Ambon diperoleh hasil presentase sebesar 91%, kemenarikan sebesar 72%, kepraktisan sebesar 94%, dan keefektifan sebesar 97%. Hal ini menunjukkan bahwa produk sudah sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti yaitu sangat valid, sangat menarik, sangat praktis dan sangat efektif.Bahan ajar IPS berbasis budaya lokal di Maluku ini dapat dijadikan bahan ajar penunjang oleh guru dan siswa untuk belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual tentang budaya lokal yang ada di Maluku.