DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Contextual Teaching And Learning Berbantu Media Audio Visual Terhadap Keaktifan Dan Pemahaman Konsep Pada Materi Pencernaan Makhluk Hidup Di Kelas V

Sayekti, Purwaning Siwi.

Abstrak


RINGKASAN

Sayekti, Purwaning Siwi. 2019. Pengaruh Contextual Teaching And Learning

Berbantu Media Audio Visual Terhadap Keaktifan Dan Pemahaman

Konsep Pada Materi Pencernaan Makhluk Hidup Di Kelas V. Tesis,

Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Unversitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(1) Prof. Dr. Sutopo, M.Si.,

(2) Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si.

 

Kata kunci: Contextual Teaching And Learning, Media Audio Visual, Keaktifan Beajar, Pemahaman Konsep

Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar harus didasarkan pengetahuan

yang nyata dan menghindari pemaham yang abstrak agar siswa mampu

memahami konsep secara mendalam. Sarana pendukung dalam

pembelajaran sangat dibutuhkan untuk membantu siswa dalam memahami

materi pembelajaran. Penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran sangat

efisien untuk meberikan kesempatan siswa untuk belajar mencari makna

dalam sebuah pembelajaran. Pembelajaran kontektual dapat dikaitkan

dengan teknologi agar memudahkan guru dalam menyajikan bahan ajar.

Peran media audio visual dalam penelitian ini yaitu untuk membantu guru

untuk menjelaskan materi pembelajaran kepada siswa. Media audio visual

yang berisi penjelasan materi pembelajaran merupakan sarana utama siswa

dalam proses pembelajar.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan

jenis quasi-experimental desain nonequivalent control group design, yang terdiri

dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Tujuan

penelitian ini untuk melihat efektifitas dari pembelajaran CTL berbantu media

audio visual. Penelitian dilakukan pada kelas eksperimen yang diberikan

tindakan dengan pembelajaran CTL berbantu media audio visual sedangkan

kelas kontrol menggunakan pembajaran konvensional. Subjek penelitian ini

adalah kelas V MIN 1 Tulungagung pada tahun ajar 2018/2019. Untuk sempel

penelitian akan mengguanakn 2 kelas pada kelas V sejumlah 60 siswa yaitu

kelas V-A terdapat 30 siswa sebagai kelas ekaperimen dan kelas V-B terdapat

30 siswa sebagai kelas kontrol.

Analisis data penelitian ini mengguanakan Uji beda N-Gain. Analisis data

dilakukan pada pretes dan postes pada tes pemahaman konsep. Hasil dari nilai

pemahaman konsep dianalisis untuk mengatahui peningkatan yang terjadi pada

kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil tes pemahaman konsep dari kelas

eksperimen dan kelas kontrol hanya mencapai 0,0088 dapat dilihat dari tabel NGain mean kelas eksperimen dan kelas kontrol. Namun, lemahnya perbedaan hasil

analisis pemahaman konsep yang terjadi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol

masih terdapat beberapa faktor yang membedakan hasil pemahaman konsep dari

ke dua kelas tersebut.

Berdasarkan analisis dari jawaban siswa dalam menjawab lembar tes

pemahaman konsep. Dari soal tes yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas

kontrol, 85% siswa di kelas eksperimen dapat menjawab semua pertanyaan dan

terdapat 79% siswa dari kelas kontrol dapat menjawab soal tes. Perbedaan

tersebut terjadi pada jawaban dari 2 soal pada indikator menyebutkan organ fungsi

dari organ-organ pencernaan hewan, menyebutkan organ pencernaan hewan

beserta fungsinya. Kebanyakan siswa kelas kontrol kurang dapat menjawab

dengan baik pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dilihat dari hasil penelitian yang

seperti yang dijelaskan sebelumya, terdapat beberapa alasan mengapa hasil

penelitian ini memiliki tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil

pemahaman konsep.

SUMMARY

Sayekti, Purwaning Siwi. 2019. The Influence of Contextual Teaching and

Learning Assisted By Audiovisual Media on the Activeness and Concepts

Understanding on Digestive of Living Beings Material in Fifth Grade.

Thesis, Primary Education Study Program, Postgraduate of Malang State

University.

Mentor :

(1) Prof. Dr. Sutopo, M.Si.,

(2) Prof. Dr. Arif Hidayat, M. Si.

 

Keywords : Contextual Teaching And Learning, Audio Visual Media, Learning

Activeness, Concept understanding.

Science learning in elementary schools must be based on real

knowledge and avoid abstract understanding so students are able to

understand concepts more deeper. Supporting medium in learning are

needed to help students understand the learning material. The application of

the CTL approach on learning process is very efficient to give students

opportunity to learn how to know the meaning of a learning. Contextual

learning can be associated with technology to make it easier for teachers to

present teaching materials. The role of audiovisual media in this research is

to help teachers explain learning materials to students. Audiovisual media

that contains an explanation of learning material is the main medium for

students on the learning process.

This research approach uses a quantitative approach with quationexperimental nonequivalent control group design type, which consists of two

groups, the experimental group and the control group. The purpose of this

research was to observe the effectiveness of CTL learning assisted by

audiovisual media. The research was conducted on the experimental class which

was given an action with CTL learning assisted by audiovisual media while the

control class used conventional teaching. The subject of this research was fifth

grade of MIN 1 Tulungagung on the academic year of 2018/2019. The research

sample will use two classes in fifth grade with a total of 60 students, namely

class V-A, there are 30 students as experimental class and class V-B there are 30

students as a control class.

The data analysis of this research uses a N-Gain difference test. Data

analysis was performed on the pretest and posttest on a concept understanding

test. The results of the concept comprehension value were analyzed to find out the

improvement that occurred in the experimental class and the control class. the

results of the concept understanding test from the experimental class and control

class only reached 0.0088 can be seen from the N-Gain table experimental class

and control class mean. However, the weak differences in the results of the

analysis of the concept understanding that occurred in the experimental class and

the control class still have several factors that distinguish the results of the

concept understanding from the two classes.

Based on the analysis of student answers in answering the concept

understanding test sheet. From the test questions given to the experimental class

and control class, 85% of students in the experimental class can answer all

questions and there are 79% of students from the control class can answer the test

questions. These differences occur in the answers of 2 questions in the indicator

mentioning the function organs of the digestive organs of animals, mentioning the

digestive organs of animals and their functions. Most control class students are

less able to answer these questions well. Judging from the research results as

described previously, there are several reasons why the results of this study have

no significant influence on the results of understanding the concept.