DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Project Based Learning dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi

Hindriyanto, Raditya Ardani,

Abstrak


RINGKASAN

Hindriyanto, Raditya Ardani. 2019. Pengaruh Model Project Based Learning dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Prof.Dr. Sugeng Utaya, M.Si.

(II) Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd.,M.Si.

 

Kata kunci:  Project based learning, Pemecahan masalah, Pembelajaran

SMA N 2 Bae Kudus merupakan sekolah yang masih mengalami problematika pembelajaran berupa rendahnya kemampuan pemecahan masalah geografi. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah geografi diperoleh dari hasil observasi dan wawancara guru. pembelajaran yang berlangsung masih bersifat tradisional sehingga aktivitas pemecahan masalah dalam pembelajaran geografi belum terwadahi. hal ini yang memicu rendahnya kemampuan pemecahan masalah geografi siswa.

Gaya belajar siswa belum diperhatikan oleh guru. Gaya belajar merupakan karakteristik belajar siswa yang sangat penting. pembelajaran yang baik yakni yang memfasilitasi karakteristik belajar siswa. pembelajaran tidak banyak terjadi apabila guru tidak memperhatikan karakteristik belajar siswa. Gaya belajar bahkan erat kaitannya dengan proses kognitif. kemampuan kognitif yang dibangun melalui gaya belajar siswa berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah.

Penggunaan model project based learning dengan memperhatikan gaya belajar siswa mendukung pembelajaran efektif. Model pembelajaran project based learning dengan memperhatikan gaya belajar diharapkan mampu mengatasi kemampuan pemecahan masalah geografi siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah:

(1) mengetahui pengaruh model PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah,

(2) mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah,

(3) mengetahui ada tidaknya interaksi antara model project based learning dan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. subyek penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen yang dipilih yakni kelas XI IPS 4 dan kelas kontrol XI IPS 5. Alat pengumpul data menggunakan angket gaya belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan two-way analysis of variance (ANOVA).

Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa

(1) terdapat pengaruh model PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, hal ini disebabkan sintak PjBL yang mendukung aktivitas pemecahan masalah siswa.

(2) Terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah, hal ini dipengaruhi oleh karakteristik belajar masing-masing gaya belajar dalam memproses informasi memiliki perbedaan sehingga berpengaruh terdahap kemampuan pemecahan masalah.

 

(3) Tidak terdapat interaksi antara gaya belajar dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah, hal ini disebabkan karena skor pemecahan masalah siswa dengan gaya belajar auditori di kelas kontrol lebih baik daripada skor pemecahan masalah dikelas eksperimen.