DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Referensi Berbasis Penelitian Analisis Marka Molekuler Gen SRY Sapi Pejantan Rambon Banyuwangi untuk Mata Kuliah Genetika II S1 Biologi

Fitri. Nurul.

Abstrak


RINGKASAN

Fitri, Nurul. 2019. Pengembangan Buku Referensi Berbasis Penelitian Analisis Marka Molekuler Gen SRY Sapi Pejantan Rambon Banyuwangi untuk Mata Kuliah Genetika II S1 Biologi. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Prof. Dr. agr. Mohamad Amin, S. Pd., M. Si.

(II) Dr. Betty Lukiati, M. S.

 

Kata Kunci: Buku referensi, gen SRY, marka molekuler, sapi pejantan rambon Banyuwangi , Genetika II

Capaian pembelajaran mata kuliah Genetika II adalah mahasiswa memiliki kepekaan dalam menemukan, menganalisis, dan memecahkan permasalahan biologi pada cabang ilmu Genetika, terutama yang berkaitan dengan:

(1) kerja/ekspresi materi genetik,

(2) perubahan materi genetik,

(3) materi genetik dalam populasi, serta

(4) perekayasaan materi genetik melalui penerapan pengetahuan dan teknologinya. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan terhadap mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah Genetika II diketahui bahwa sejumlah mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi karena konsepnya yang rumit dan abstrak. Ekspresi/kerja materi genetik merupakan materi yang dinilai sulit oleh mahasiswa, hasil angket terhadap dosen pengampu juga diketahui bahwa materi tersebut merupakan salah satu materi yang sulit dipahami karena konsepnya yang abstrak dan memerlukan contoh hasil penelitian yang bersifat aplikatif. Mempelajari konsep eskpresi gen dengan dua proses penting yaitu transkripsi dan translasi akan lebih mudah dipahami jika disajikan contoh nyata kedua proses tersebut yang dapat diperoleh dari hasil penelitian. Hasil penelitian mengenai analisis ekspresi gen SRY sapi pejantan rambon Banyuwangi dengan pendekatan molekuler relevan apabila dimanfaatkan sebagai sarana penunjang bagi mahasiswa dalam mempelajari ekspresi gen.

Informasi hasil penelitian analisis ekspresi gen SRY pada sapi pejantan rambon Banyuwangi dituangkan dalam bentuk buku referensi agar dapat menjadi salah satu referensi aplikatif bagi mahasiswa dalam mempelajari materi ekspresi gen terutama topik regulasi ekspresi gen karena aktivitas gen SRY berperan penting dalam meregulasi penentuan kelamin. Tujuan penelitian ini adalah

(1) menganalisis marka molekuler gen SRY sapi pejantan rambon Banyuwangi;

(2) mengembangkan buku referensi berbasis penelitian analisis gen SRY sapi pejantan rambon Banyuwangi. Penelitian ini terdiri atas dua tahap: tahap I menganalisis gen SRY sapi pejantan rambon Banyuwangi. Pengumpulan data penelitian tahap I dimulai dari observasi lapangan, isolasi DNA, PCR, elektroforesis, dan sekuensing. Hasil sekuensing dianalisis menggunakan sequence scanner v1.0 dan prediksi protein dianalisis menggunakan Expasy dan Swiss model. Penelitian tahap II yaitu mengembangkan buku referensi berbasis penelitian analisis gen SRY sapi pejantan rambon Banyuwangi. Instrumen penilaian buku referensi menggunakan lembar angket dan lembar validasi. Validasi dilakukan oleh dua validator (ahli materi dan ahli media) dan angket penilaian dilakukan oleh mahasiswa.

 

Hasil penelitian tahap I diketahui bahwa sekuen gen SRY sapi pejantan lokal Banyuwangi (dalam hal ini sapi rambon Jawa dan sapi rambon Keling) bervariasi. Sekuen gen SRY yang ditranslasi menggunakan Expasy dan hasil prediksi struktur protein dari gen SRY menggunakan Swiss model menunjukkan bahwa protein sapi rambon Jawa dan sapi rambon Keling adalah L-carnitine/gamma-butyrobetaine antiporter. Hasil penelitian tahap II tentang pengembangan buku referensi diketahui penilaian oleh ahli materi sebesar 100%, ahli media 87,5%, uji coba perorangan 82,27%, dan uji coba kelompok kecil 83,29%. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa buku referensi sudah valid dan memiliki tingkat keterbacaan yang baik.