DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Blitar Melalui Pembelajaran Think Pair Share Pada Materi Ruang Vektor Real

Cicik Pramesti

Abstrak


ABSTRAK

Pramesti, Cicik. 2010. Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Blitar Melalui Pembelajaran Think  Pair  Share Pada Materi Ruang Vektor Real. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ipung Yuwono, M.S, M.Sc (II) Dr. H. Makbul Muksar, S.Pd, M.Si.

Kata Kunci:   Peningkatan, Prestasi Belajar, Think Pair Share, Ruang Vektor Real.

Mata kuliah Aljabar Linier Elementer merupakan salah satu Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK) yang mempunyai peran sangat penting dalam penguasaan materi mata kuliah yang selanjutnya. Tetapi kenyataannya penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah Aljabar Linier Elementer di STKIP PGRI Blitar ini masih relatif rendah. Akiba tnya prestasi belajar mahasiswa juga rendah. Padahal model pembelajaran student center juga sudah dilaksakan. Model pembelajaran tersebut antara lain dengan menggunakan metode tanya jawab, latihan soal-soal dan penugasan. Dengan model tersebut ternyata pembelajaran masih didominasi oleh mahasiswa-mahasiswa yang pandai. Berdasarkan data tersebut maka digunakan model pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share), yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berpikir secara individu, berkelompok dan juga menyampaikan pendapatnya.  

Untuk menjawab permasalahan di Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Blitar, maka penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan dampak strategi pembelajaran think pair share dalam membelajarkan materi Ruang Vektor Real pada mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Blitar. Selain itu tujuan penelitian ini juga untuk meningkatan prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Blitar pada materi Ruang Vektor Real dengan menerapkan strategi pembelajaran think pair share. Pembelajaran think pair share ini mempunyai tiga tahapan yaitu: think, pair, dan share (sesuai dengan namanya). Pada tahapan think, mahasiswa mempunyai kesempatan untuk berpikir secara individu dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang telah diberikan, dosen hanya mengarahkan jalan berpikir mahasiswa agar tidak keluar dari materi yang dipelajari (bagi mahasiswa yang merasa kesulitan). Pada tahap pair, mahasiswa dapat bernegosiasi dengan teman kelompoknya/berdiskusi untuk menemukan kesepakatan penyelesaian permasalahan, dan dosen hanya sebagai mediator. Sedangkan pada tahap share, mahasiswa dapat menyampaikan dan menjelaskan hasil kerja kelompoknya di depan kelas. Selain itu mahasiswa dapat menerima masukan/saran dari kelompok lain. Pada tahap ini dosen sebagai mediator dan evaluator.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat 10 langkah pembelajaran think pair share pada materi ruang vektor real terhadap mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Blitar, yaitu: (1) menyampaikan tujuan pembelajaran dan orientasi tentang strategi pembelajaran, (2) melakukan tanya jawab tentang materi sebelumya, (3) dosen memberikan permasalahan untuk dapat memahami materi, (4) mahasiswa berpikir dan menjawab secara individu, (5) dosen berkeliling untuk memberikan bimbingan kepada mahasiswa yang mahasiswa mengalami kesulitan, (6) mahasiswa melakukan tanya jawab dengan kelompoknya, (7) mahasiswa membuat kesepakatan/kesimpulan, (8) salah satu perwakilan anggota kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, (9) mahasiswa melakukan tanya jawab dengan kelompok pemresentasi, dan (10) dosen dan mahasiswa membuat kesimpulan tentang materi. 

Selain sepuluh langkah pembelajaran, pada penelitian ini ditemukan adanya peningkatan prestasi belajar yang dapat dilihat dengan membandingkan hasil belajar pada siklus 1 dan siklus 2. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi (aktivitas dosen dan mahasiswa), lembar angket dan wawancara. Berdasarkan data hasil penelitian menyatakan bahwa prosentase hasil tes secara klasikal yang mendapatkan skor ≥ 66 meningkat  dari 77% pada siklus 1 menjadi 93% pada siklus 2, prosentase hasil observasi aktivitas dosen meningkat dari 80% pada siklus 1 menjadi 93% pada siklus 2, prosentase hasil observasi aktivitas mahasiswa meningkat dari 81% pada siklus 1 menjadi 93% pada siklus 2, prosentase hasil angket meningkat dari 81% pada siklus 1 menjadi 95% pada siklus 2, dan hasil wawancara yang dilkukan pada 3 (tiga) obyek juga meningkat dari 2 mahasiswa pada siklus 1 menjadi 3 mahasiswa pada siklus 2 yang menyatakan memahami materi ruang vektor real.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sepuluh langkah pembelajaran think pair share yang digunakan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika STKIP PGRI Blitar pada materi ruang vektor real. Sedangkan saran yang diperkirakan dapat memperbaiki pembelajaran adalah seyogyanya para pendidik lebih aktif dalam mendesign dan membuat LKM yang dapat mengarahkan anak didik dalam memahami suatu materi.