DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sesi Bantuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Integral pada Mahasiswa Politeknik Negeri Malang. (Tesis)

Kristina Widjajanti

Abstrak


Materi integral mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya pada bidang teknik telekomunikasi. Materi integral adalah materi prasyarat untuk materi berikutnya pada matakuliah matematika di Program Studi Teknik Telekomunikasi yaitu Persamaan Diferensial Biasa, Transformasi Laplace, dan Deret Fourier. Materi integral merupakan pendukung matakuliah lain misalnya Antena dan Propagasi serta Rangkaian Listrik. Oleh sebab itu, penguasaan terhadap materi integral sangat diperlukan. Pada kenyataannya, skor tes materi integral rendah. Waktu perkuliahan sangat terbatas dibandingkan dengan banyaknya materi yang harus dipelajari sehingga tidak banyak soal yang dapat dibahas di kelas. Sistem pendidikan politeknik tidak memungkinkan mahasiswa mengulang satu matakuliah pada semester berikutnya apabila ada nilai matakuliah yang kurang. Ini merupakan tantangan bagi pengajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran matematika.

Sesi bantuan adalah sesi tambahan diluar jam matakuliah matematika untuk pendalaman materi dengan kegiatan mengerjakan latihan soal. Bantuan yang dimaksud adalah bimbingan pendalaman materi dengan kegiatan pembahasan penyelesaian soal dan pemberian tugas individu, sehingga kegiatan sesi bantuan melibatkan peran mahasiswa secara aktif selama proses pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa tingkat pertama Program Studi Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Malang tahun ajaran 2009/2010. Pertanyaan penelitian adalah: (1) bagaimana langkah-langkah sesi bantuan dalam pembelajaran materi integral?, (2) apakah sesi bantuan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi integral?, dan (3) bagaimana respon mahasiswa terhadap sesi bantuan? Tujuan penelitian sejalan dengan pertanyaan penelitian yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah sesi bantuan dalam pembelajaran materi integral, (2) mengetahui apakah sesi bantuan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi integral, dan (3) mengetahui respon mahasiswa terhadap sesi bantuan.

Langkah-langkah bimbingan berpijak pada 5 tahap bimbingan menurut Graesser & Person (1994) yaitu: a) pembimbing memberikan pertanyaan (atau menyediakan soal untuk dikerjakan peserta didik), b) peserta didik menjawab pertanyaan (jawaban sementara), c) pembimbing memberikan masukan atau komentar terhadap jawaban yang diberikan, d) pembimbing dan peserta didik berkolaborasi meningkatkan kualitas jawaban, dan e) pembimbing mengecek pemahaman peserta didik.

Banyaknya mahasiswa yang mendapatkan skor tes hasil belajar integral paling sedikit 60 (skala 0-100) pada Tindakan I adalah 82,61% dan pada Tindakan II adalah 86,96% yang artinya meningkat jika dibandingkan dengan tes hasil belajar integral sebelum mendapat sesi bantuan. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar materi integral dengan sesi bantuan adalah meningkat.

Dari hasil angket untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap sesi bantuan adalah 3,12 termasuk pada kategori sangat positif dan dari hasil wawancara, keempat subjek wawancara setuju diberikan sesi bantuan. Dapat disimpulkan bahwa respon mahasiswa terhadap sesi bantuan memenuhi kriteria baik.

 

Abstract:

Integral material plays an important role in our daily life, one of its roles is in field of telecommunication technology. In the Telecommunication Engineering Study Program, integral material is the prerequisite for the next materials in the mathematics course, which are Ordinary Differential Equation, Laplace Transformation, and Fourier Series. Integral material is the preparatory course for other courses such as Antennae and Propagation and Electrical Circuits. Therefore, mastery of integral material is very important. But in fact, the students' test scores for integral material are low. The time allocated for teaching learning process is very limited in comparison with the many materials which should be studied and therefore many problems can not discussed in class. The educational system in the polytechnic does not give the opportunity for a student to take the same course in the next semester if the student fails the course in this semester. This is a challenge for the lecturer to improve the quality of mathematics learning.

Help sessions is additional sessions outside the formal mathematics course hours which are given for improving the ability to solve the exercises by discussing. Help is understood here as a tutoring for deepening the material through discussions of problem solutions and individual task assignments, so help sessions will involve the students actively during learning process.

This research is carried out using qualitative approach with the class action research design. Research was carried out involving first grade of the Telecommunication Engineering Study Program of Electronics Engineering Department, State Polytechnic of Malang, academic year 2009/2010. The research questions are: (1) what are the steps of help session in learning the integral material?; (2) do the help sessions improving students' learning outcome of integral material?; and (3) how do the students respond to the help sessions? In accordance with these research questions, the objectives of this research are: (1) to describe the steps in help session for learning integral material; (2) to know whether help session can improve students' learning outcome for integral material; and (3) to know students' responses to the help session.

The steps of tutoring are formed based on the five steps tutoring frame proposed by Graesser & Person (1994), that is: (a) tutor asks question (or provides exercise for the learners); (b) the learners answer the question (tentative answer); (c) tutor gives short immediate feedback or comment on the answer; (d) tutor and learners collaboratively improve the quality of the answer; and (e) tutor assesses the learner's understanding.

The number of students who have obtained an integral achievement test score of at least 60 (scale 0-100) in the first action is 82.61% and 86.96% in the second action. It can be concluded that the results of learning integral material with the help session increases.

From the questionnaire results to determine student response to the help session is 3.12 included in the category of very positive and from the interviews, the four interview subjects agreed to be given help session. It can be concluded that the students' responses to the help sessions meet good criteria.