DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Kuantitatif dan Kualitatif Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) terintegrasi STEM terhadap Penalaran Ilmiah dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Topik Fluida

Putri, Nadia Darma.

Abstrak


RINGKASAN

Putri, Nadia Darma. 2019. Studi Kuantitatif dan Kualitatif Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) terintegrasi STEM terhadap Penalaran Ilmiah dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Topik Fluida. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Prof. Arif Hidayat, M.Si.,

(II) Dr. Supriyono Koes Handayanto, M.Pd., M.A.

 

Kata Kunci: penalaran ilmiah, kemampuan berpikir kreatif, Project Based Learning (PjBL), STEM, fluida

Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) melibatkan peserta didik dalam tugas proyek. PjBL tepat diterapkan dalam pembelajaran dengan mengintegrasikan sains, teknik, teknologi dan matematika dalam dunia nyata. Materi dalam fisika yang tepat untuk menerapkan PjBL seperti fluida. Konsep fluida digunakan dalam teknologi transportasi, komunikasi dan industri. Namun, masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mempelajari materi fluida, hal ini disebabkan kelemahan dalam memecahkan masalah dan bernalar secara ilmiah. Kemampuan penalaran ilmiah diperlukan peserta didik untuk membuat keputusan dan mengambil keputusan berdasarkan bukti dan teori.

Mempelajari fluida butuh integrasi dengan pengetahuan pada bidang STEM sehingga diperlukan keterampilan berpikir kreatif sehingga peserta didik mempelajari fluida tidak hanya pada satu disiplin ilmu saja. Kemampuan berpikir kreatif penting dilatih untuk menghasilkan ide unik dalam memecahkan masalah dan menghadapi tantangan di masa depan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh project based learning (PjBL) terhadap penalaran ilmiah dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada topik fluida. Jenis penelitian yang dilakukan adalah mixed method dengan model explanatory design. Subjek penelitian terdiri dari 66 peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Malang. Pengumpulan data dilakukan pada Oktober-Nopember 2018. Data kuantitatif dikumpulkan dengan memberikan pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan penalaran ilmiah dan berpikir kreatif dan data kualitatif dikumpulkan dengan wawancara pada saat posttest dan observasi pada saat pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu masing-masing 8 soal tes soal penalaran ilmiah dan berpikir kreatif dan pedoman wawancara.

Hasil uji mancova menunjukkan perbedaan yang signifikan pada penalaran ilmiah dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menerapkan PjBL dibandingkan pembelajaran konvensional. Rata-rata skor kemampuan penalaran ilmiah dan berpikir kreatif peserta didik meningkat dari 16.25 menjadi 77.95 dan 4.26 menjadi 40.38. Hasil reduksi data kualitatif hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan penalaran ilmiah dan berpikir kreatif melalui PjBL. Dalam hal penalaran ilmiah, peserta didik dapat menggunakan perbandingan proporsional, fokus terhadap variabel yang berpengaruh untuk memecahkan masalah pada soal, mengetahui variabel terikat dan variabel bebas pada soal, dapat memberikan prediksi berdasarkan pengetahuan tentang fluida dan dapat memberikan pernyataan tentang korelasi antar variabel yaitu korelasi positif atau negatif dan hubungan sebab akibat antar variabel. Untuk kemampuan berpikir kreatif peserta didik sudah dapat memberikan jawaban dengan detail dan memberikan penjelasan setiap jawaban, sehingga terdapat jawaban yang berbeda dibandingkan jawaban peserta didik lain dan jawaban saat pretest sehingga terdapat kebaruan.

SUMMARY

Putri, Nadia Darma. 2019. Quantitative and Qualitative Study in Project Based Learning (PjBL) Integrated STEM on Students’ Scientific Reasoning And Creative Thinking Skills In Fluid. Thesis, Physics Education Program, Graduate School of Universitas Negeri Malang.

Advisors:

(I).Prof. Arif Hidayat, M.Si.,

(II) Dr. Supriyono Koes Handayanto, M.Pd., M.A.

 

Keywords: scientific reasoning, creative thinking abilities, Project Based Learning (PjBL), STEM, fluid

Project based learning (PjBL) involves students in project assignments. The PjBL is appropriately applied in learning by integrating science, engineering, technology and mathematics (STEM) in the real world. One of physics topics that appropriate to implement PjBL as fluid. The fluid concept is used in transportation, communication and industrial technology. However, many students have difficulty in studying fluid material, which is caused by weaknesses in solving problems and reasoning scientifically. Scientific reasoning skills required learners to make decisions and take decisions based on the evidence and theory.

Studying fluids requires integration with knowledge in the STEM field so that creative thinking skills are needed. Creative thinking skills is important to be trained to produce unique ideas in solving problems and facing challenges in the future.

This study aims to determine how the effect of PjBL on scientific reasoning and creative thinking skills on fluid. The research conducted is a mixed method with an explanatory design model. The subjects of the study consisted of 66 students of class XI MIPA Senior High School 4 Malang. Data collection was conducted in October - November 2018. Quantitative data was collected by giving pretest and posttest to measure scientific reasoning and creative thinking ability and qualitative data collected by interview after posttest and observation during learning. The research instrument was used 16 questions about scientific reasoning and creative thinking and interview guidelines.

MANCOVA test results indicate the influence of using PjBL on scientific reasoning and creative thinking skills is significant with α=0.00. The average score of scientific and creative thinking skills of students increased from 16.25 into 77.95 and 4.26 into 40.38. The results of qualitative data reduction results showed an increased skills to scientific reasoning and creative thinking through implementing PjBL. In scientific reasoning skills, students can use proportional interaction, focus on variables that relate to problems, know the independent and dependent variables, can predict the solution of problems based on knowledge of fluids, and can determine the correlation between variables, whether positive or negative correlation. Then, in creative thinking skills, students able to provide answers in detail and give explanation for each answer, so there are different answers between students, that indicates that there is novelty in the answere. But, still many students that give similar answer with others. So, novelty indicator needs to get more attention in learning to be trained.