DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan pemecahan Masalah Siswa pada Materi Hukum Newton Melalui Pembelajaran Modeling Instruction Berbantuan Problem Possing

Iffa, Uulia.

Abstrak


RINGKASAN

Iffa, Uulia. 2019. Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan pemecahan Masalah Siswa pada Materi Hukum Newton Melalui Pembelajaran Modeling Instruction Berbantuan Problem Possing. Tesis, Jurusan Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(1) Dr. Edi Supriana, M.Si.,

(2) Prof. Dr. Sutopo, M.Si.

 

Kata kunci: penguasaan konsep, kemampuan pemecahan masalah, hukum Newton, Modeling Instruction, Problem Possing.

Hukum Newton merupakan materi penting yang harus dipahami oleh siswa menengah atas. Dalam kehidupan sehari-hari, banyak ditemukan permasalahan yang berhubungan langsung dengan hukum Newton. Mobil yang melaju tanpa mengalami slip, meja yang bergerak ketika di dorong, buku yang tetap diam ketika tidak diberikan usikan, susahnya berjalan pada permukaan bebatuan, dan mudah meluncur di atas bongkahan es. Dengan demikian, hukum Newton memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa diharapkan mampu menguasai hukum Newton dengan baik. Namun, banyaknya kesulitan siswa yang ditemukan dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hukum Newton, seperti kesulitan dalam mengidentifikasi jenis gaya, menentukan arah gaya, menggambar diagram gaya, dan menentukan resultan gaya. Selain itu, juga banyak ditemukan miskonsepsi siswa terkait materi hukum I, II, dan III Newton. Miskonsepsi yang dimiliki oleh siswa menandakan bahwa siswa masih lemah dalam hal penguasaan konsep. Agar dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi hukum Newton, diperlukan pembelajaran yang mampu memotivasi siswa belajar secara aktif dan mandiri sehingga siswa mampu mengonstruksi potongan-potongan konsep menjadi konsep yang utuh. Pembelajaran modeling instruction dan problem possing merupakan pembelajaran yang mampu membimbing siswa aktif dalam menemukan konsep dan solusi dari permasalahan yang diberikan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisis penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi hukum Newton melalui pembelajaran modeling instruction berbantuan problem possing. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain embedded experimental. Penelitian menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan perlakuan modeling instruction berbantuan problem possing, dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data kuantitatif penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah berasal dari hasil N-Gain kedua kelas. Data kualitatif diambil berdasarkan hasil wawancara dan observasi lapangan. Analisis data dengan menggunakan uji Cohen-d’effect size, N-Gain dan Uji t.

Penelitian ini memberikan hasil, terdapat perbedaan yang bermakna antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan hasil uji t. Terdapat perbedaan rata-rata hasil post test siswa kedua kelas, dengan signifikansi yang diperoleh 0,008, sangat kecil daripada nilai ambang batas penelitian. Pengaruh yang diberikan oleh pembelajaran intervensi terhadap penguasan konsep sebesar 1,41 berada pada kategori kuat. Peningkatan yang diperoleh berdasarkan N-Gain adalah 0,32 dan berada pada kategori sedang. Untuk kemampuan pemecahan masalah juga memberikan hasil terdapat perbedaan yang bermakna antar kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan terdapat peningkatan nilai post siswa berdasarkan uji t yang dilakukan dengan besar signifikansi 0,004. Besarnya pengaruh pembelajaran yang dilakukan terhadap kemampuan pemecahan masalah 1,41 berada pada kategori kuat. Peningkatan yang terjadi oleh pembelajaran intervensi berdasarkan N-Gain 0,63 dan berada pada kategori sedang. Dengan demikian pembelajaran modeling instruction berbantuan problem possing mampu meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi hukum Newton.

SUMMARY

Iffa, Uulia. 2019. Analysis of conceptual understanding and problem solving abilities’s students in Newton’s Law with Modelling Instruction and Problem Possing . Thesis, Department of Physics Education, Postgraduate Program, State University of Malang.

Advisor:

(1) Dr. Edi Supriana, M.Si.,

(2) Prof. Dr. Sutopo, M.Si.

 

Keywords: conceptual understanding, problem solving ability, Newton’s Law, Modeling Instruction, Problem Possing.

Newton's law is an important part that must be understood by senior high school students. In everyday life, many problems are found that are directly related to Newton's law. A speeding car without moving slips, a moving table compilation is pushed, a book that is still silent compilation is not given an annoyance, it is difficult to walk on the surface of the rock, and easily glide over ice blocks. Thus, Newton's law has an important role in everyday life.

Students are expected to be able to be expert in Newton's law. However, the many difficulties students have found in solving problems related to Newton's law, such as difficulties in identifying the type of force, determining the direction of force, drawing a free body-diagram, and determining the resultant of force. In addition, there were also many student misconceptions related to Newton's law in motion. Misconceptions held by students indicate that students are still weak in terms of mastery of concepts.

In order to improve conceptual understanding and problem solving abilities students’ in Newton's law material, is needed an instructional that is able to motivate students to learn actively and independently so students are able to construct pieces of the concept into a whole concept. Modeling instruction and problem possing is able to guide active students in finding concepts and solutions to the problems given. This study aims to analyze the conceptual understanding and problem solving abilities’s students in Newton's law through modeling instruction with problem posing.

This study aims to analyze the conceptual understanding and problem solving abilities student’s in Newton's law of motion with modeling instruction and problem possing. The research method used is mixed methods with embedded experimental design. The study used experimental class and control class. The experimental class with modeling instruction and problem possing, and a control class with conventional learning. Quantitative data on conceptual understanding and problem solving originated from the results of the N-Gain in both classes. Qualitative data is taken based on the results of interviews and field observations. Data analysis using the Cohen-d’effect size, N-Gain and t test.

This results of study, there are significant differences between the experimental class and the control class based on the results of the t test. There is a difference in the average post-test results of students of both classes, with the significance obtained by 0.008, which is small from 0.05. The influence given by the intervention learning on concept mastery of 1.41 is in the strong category. The increase obtained based on N-Gain is 0.32 and is in the medium category. For problem solving abilities also give results there are significant differences between the experimental class and the control class, and there is an increase in the post value of students based on the t test conducted with a significance level of 0.004. The magnitude of the effect of instructional on problem solving abilities 1.41 is in the strong category. The increase that occurred by intervention learning was based on N-Gain 0.63 and was in the medium category. Thus modeling instruction and problem possing capable of increasing conceptual understanding and problem solving abilities students' in Newton's law material.