DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Kajian Nilai - Nilai Kepemimpinan Sultan Agung untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di S MAN 5 Jember

Fahreza Erico Pratama

Abstrak


Permasalahan yang terjadidalam proses pembelajaran di SMAN 5 Jemberadalahpenyalahgunaa HP sebagaisaranamencarisumberbelajarbanyakdisalahgunakanuntukbermaingame. Solusidalammengatasipermasalahantersebutadalahdenganmemasukkanmaterikedalamgame. Sehinggapenelitianinibertujuanuntuk

(1) menghasilkansebuahproduk multimedia interakrifberbasisandroid yang memenuhikelayakanprodukyaitukevalidan, keefektifan, dankepraktisan, dan

(2) melihatkeefektifan multimedia interaktifberbasisandroiddalammeningkatkanmotivasidanhasilbelajarpesertadidik.

Penelitianinimenggunakanrancangan model pengembangan Lee & Owens (2004) karena model pengembangan Lee & Owens diperuntuhkanuntukpengembangan multimedia. padapenelitanini data penelitiandiperolehdarihasilangketdanhasilteskognitif yang dilakukanselamapenelitian di lapangan

Hasilpenerapan multimedia interaktifberbasisandroid yang diterapkanmenghasilkan data bahwa multimedia interaktifberbasisandroiddapat

(1) meningkatkanmotivasibelajar, terjadipeningkatanmotivasibelajar yang sebelummenggunakan multimedia interaktif, tingkatmotivasipesertadidiksebesar69,86%dengankriteria “Termotivasi”. Sedangkansesudahpenggunaan multimedia interaktifsebagai media pembelajaranterjadipeningkatanmotivasisebesar84,4%dengankriteria “SangatTermotivasi” dan

(2) meningkatkanhasilbelajarpesertadidik, padapembelajaransejarahdenganjumlahsiswatuntas83,3%denganrata-rata nilai80,97 yang sebelumnya36,11% dengannilai rata-rata nilai71,80. Dari penelitiantersebut, menunjukkanbahwa multimedia interaktifberbasisandroiddapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarpesertadidikXI SMA 5 Jember.

 

Dengandemikian, darihasilpenilaiantingkatkelayakandanpeningkatanmotivasisertahasilbelajarmakadidapatdisimpulkanbahwa Multimedia Interaktifmelaluikajiannilai-nilaikepemimpinan Sultan Agungtelahmenenuhikelayakanproduksebagai media pembelajaranyaitu ValiditasEfektifitas, danKepraktisansehinggadapatberpengaruhterhadapuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelas XI di SMAN 5 Jember.