DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

perilaku transaksi online shop mahasiswa dalam perspektif pendidikan ekonomi (studi fenomena pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang)

Ikhwan, Muhammad.

Abstrak


RINGKASAN

Ikhwan, Muhammad. 2019. Perilaku Transaksi Online Shop Mahasiswa Dalam

Perspektif Pendidikan Ekonomi (Studi fenomena  Pada Mahasiswa Fakultas

Ekonomi Universitas Negeri Malang). Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi

Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Dr. Hari Wahyono, M.Pd,

(II) Dr.Agung Haryono, S.E.,M.P.,AK.

 

Kata kunci : Ekonomi, Motif Transaksi, Online Shop, Rasionalitas dan Irasionalitas,

Perilaku konsumen, Transaksi, Perubahan Gaya Hidup

Dengan semakin canggihnya tekologi yang dikembangkan oleh manusia kini semuanya sudah dipermudah oleh teknologi. Dengan adanya perkembangan teknologi internet juga membuat sebuah perubahan kepada perilaku dalam  bertransaksi. Di era globalisasi seperti sekarang prilaku bertransaksi mengalami fenomena pergeseran. Dimana dalam bertransaksi di era sekarang dirasa begitu mudah. Semua orang yang ingin bertransaksi hanya perlu memainkan jemarinya diatas sebuah handphone dan terjadilah sebuah transaksi.

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis motif mahasiswa dalam melakukan transaksi online shop, untuk mengetahui rasionalitas dan irasionalitas perilaku ekonomi mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang dalam bertransaksi melalui online shop dan untuk mengetahui perubahan gaya hidup mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang sebagai dampak intensitas bertransaksi secara online.

Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian  tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Analisis yang diterapkan peneliti dalam penelitian ini adalah analisis fenomenologi. Kata fenomenologi diambil dari bahassa yunani yaitu “phenomenan” yang berarti “ menunjukan diri atau dalam bahasa inggrisnya “ to show it self”.

Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan jumlah responden sebanyak lima belas informan dengan jumlah informan berjenis kelamin pria sebanyak lima informan dan informan berjenis kelamin wanita sebanyak sepuluh informan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. Motif mahasiswa dalam melakukan transaksi online shop dapat dilihat  dari dua aspek

1) Kemudahan adalah alasan mahasiswa gemar bertransaksi melalui online shop

2) Teman adalah faktor terkuat yang membuat mahasiswa tertarik untuk belanja online.2. Rasionalitas dan irasionalitas perilaku ekonomi mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri malang dalam bertransaksi melalui online shop dapat dilihat dari tiga aspek

1) Trade off mahasiswa dilihat dari pengambilan keputusan mahasiswa terhadap dua hal yaitu berupa uang saku dan juga belanja online. Opportunity cost mahasiswa dilihat dari hal yang dikorbankan mahasiswa demi mencapai kepuasan dan pencapaian keinginan untuk melakukan transaksi secara online.

2) Marginalism mahasiswa dilihat dari penilaian mahasiswa terhadap barang yang dibeli secara online dan makanan yang dikonsumsinya dilihat dari tambahan utilitas yang akan diterimanya.

 

3) Irasionalitas ekonomi mahasiswa universitas negeri malang disaat melakukan transaksi melalui online shop tercermin dari perilaku konsumsi yang berlebihan dan membeli barang yang tidak dibutuhan hal tersebut terjadi karena adanya rasa takut kehilangan ( loss aversion ) pada mahasiswa disaat mahasiswa dihadapkan pada promosi promosi yang terjadi pada marke place dan online shop 3. Terdapat perubahan gaya hidup pada mahasiswa yang melakukan transaksi melalui online shop yaitu gaya hidup mahasiswa menjadi lebih konsumtif.