DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Multipel Representasi Berbantuan Program Resitasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Hukum Newton

Fadlli, M. R.

Abstrak


RINGKASAN

Fadlli, M. R. 2019. Pembelajaran Multipel Representasi Berbantuan Program Resitasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Hukum Newton. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing

(I).Prof. Dr. Sutopo, M.Si.

(II) Dr. Eny Latifah, M.Si.

 

Kata Kunci: pembelajaran multipel representasi, resitasi, penguasaan konsep

Hukum Newton merupakan salah satu hukum fundamental dalam fisika. Hukum Newton dapat menjelaskan fenomena sehari-hari yang berkaitan dengan gerak. Untuk memahami hukum newton dengan baik, pemahaman terhadap rumus matematis saja tidaklah cukup karena masih bersifat abstrak. Keabstrakan dari konsep tersebut akan lebih mudah dipahami jika disajikan dalam berbagai representasi. Pembelajaran multipel representasi menggabungkan beberapa representasi dalam menyajikan materi serta mengakomodasi semua kelebihan dan kekurangan dari setiap representasi. Kemudian untuk peningkatan penguasaan konsep siswa lebih secara maksimal membutuhkan banyak alokasi waktu. Sedangkan alokasi waktu saat kegiatan pembelajaran disekolah terbatas. Oleh karena itu, perlunya pemberian bantuan soal konseptual dalam bentuk program resitasi disertai dengan balikan untuk membantu guru mengajarkan konsep secara lebih mendalam. Dengan program resitasi, siswa dapat belajar konsep Hukum Newton secara maksimal dengan memberikan umpan balik, dan melakukan refleksi secara langsung.

Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan desain embedded. Subyek penelitian terdiri 102 siswa kelas X MIPA 4-6 di SMA Negeri 7 Malang. Instrumen penelitian yang di gunakan terdiri dari tes penguasaan konsep yang berjumlah 11 soal pilihan ganda beralasan untuk mengetahui penguasaan konsep. Data kuantitatif diperoleh dari skor pretest dan posttest  pada soal pilihan ganda, sedangkan data kualitatif diperoleh dari alasan siswa dalam menjawab soal pilihan ganda. Data kualitatif didukung juga oleh hasil alasan jawaban siswa, observasi saat pembelajaran, diskusi crosstabulation dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran multipel representasi berbantuan resitasi dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan indikator sebagai berikut (1) Skor penguasaan konsep siswa meningkat dari rerata 1,66 menjadi 6,66 dengan nilai N-gain sebesar 0,53 (kategori sedang) dan nilai effect size sebesar 4,3 (kategori kuat). Kesulitan yang masih di alami siswa pada materi Hukum Newton antara lain siswa masih ada yang beranggapan sifat alamiah benda adalah diam dan jika benda bergerak maka pasti ada gaya yang mendorongnya, siswa kesulitan mengidentifikasi gaya vertikal ke atas. Sebagian siswa berpikir semakin lama di udara besar gayanya berkurang, Siswa kesulitan mengidentifikasi 2 benda yang saling berinteraksi. Sebagian siswa berpikir semakin besar massa benda, maka gaya yang dihasilkan juga semakin besar. 

SUMMARY

Fadlli, M. R. 2019. Multiple Representation with Recitation Program to Enhance Concept Mastery of Newton’s Laws. Thesis. Department of Physics Education, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Counsellor

(I).Prof Dr. Sutopo M.Si.

(II) Dr. Eny Latifah, M.Si.

 

Keywords: multiple representations, recitation, mastery of concepts

Newton's laws are the fundamental laws in physics. Newton's lawss can explain everyday phenomena related to motion. To understand Newton's laws properly, understanding the mathematical formula is not enough because it is still abstract. The abstractness of the concept will be more easily understood if presented in various representations. Multiple representation representation combines several representations in presenting material and accommodates all the advantages and disadvantages of each representation. Then to increase mastery of students' concepts more optimally requires a lot of time allocation. While the allocation of time during school learning activities is limited. Therefore, the need for conceptual assistance in the form of recitation programs is accompanied by feedback to help teachers teach concepts in more depth. With the recitation program, students can learn the concepts of Newton's Laws to the fullest by giving feedback, and reflecting directly.

This study uses mixed methods with embedded design. The subjects of the study consisted of 102 students of class X MIPA 4-6 in SMAN 7 Malang. The research instrument used mastery of concept tests which amounted to 11 reasoned multiple choice questions to determine mastery of concepts. Quantitative data were obtained from pretest and posttest scores on multiple choice questions, while qualitative data were obtained from the reasons students answered multiple choice questions. Qualitative data is also supported by the results of student answers, observations during learning, crosstabulation discussions and interviews.

 

The results showed that multiple representation with recitation program can improve students' mastery of concepts with the following indicators (1) Student mastery concept scores increased from an average of 1.66 to 6.66 with an N-gain value of 0.53 (medium category) and value effect size of 4.3 (strong category). Difficulties that are still experienced by students in the material of Newton's Laws, among others, Students are still there who think the nature of objects is silent and if the object moves then there must be a force that drives it, students have difficulty identifying vertical upward force. Some students think that the longer they are in the air the bigger their style is reduced, the students have difficulty identifying 2 objects that interact with each other. Some students think the greater the mass of objects, the greater the force produced.