DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Bahan Manipulatif Pada Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN Nglateng 01 Kenduruan Tuban Tahun Pelajaran 2009/2010. (Tesis)

Nyoman Teguh Santoso

Abstrak


Bilangan merupakan salah satu materi dalam matematika dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bilangan bulat merupakan salah satu jenis bilangan yang diajarkan di sekolah dasar. Namun, kemampuan dalam melakukan hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat oleh siswa kelas IV SDN Nglateng 01 masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan dalam melakukan hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat antara lain disebabkan pembelajaran yang masih konvensional. Pembelajaran konvensional tidak memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran. Guru memberikan penjelasan secara langsung tentang materi, memberikan contoh-contoh soal dan soal latihan, sehingga siswa hanya menghafal dan bekerja secara prosedural. Selain itu siswa juga tidak diberi kesempatan untuk menerapkan konsep bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang dapat membantu siswa memanipulasi dalam belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan rancangan pembelajaran dengan menggunakan media bahan manipulatif yang digunakan untuk membantu siswa belajar tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Nglateng 01 Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban; (2) Mendeskripsikan pelaksanaan rancangan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan bahan manipulatif; (3) Mendeskripsikan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dalam pembelajaran tersebut.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti merancang suatu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa Kelas IV SDN Nglateng 01 Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban. Data penelitian diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir siswa, hasil pengamatan kegiatan belajar mengajar siswa dan guru serta hasil wawancara dengan siswa.

Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan rancangan pembelajaran dengan menggunakan bahan manipulatif dilaksanakan dalam tiga siklus dengan menggunakan bahan manipulatif yang berbeda mengacu pada tahapan Bruner yaitu: (I) Pada siklus I dilakukan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunanakan bahan manipulatif berupa manik-manik yang terkait dari karton (tahap enaktif); (II) Pada siklus II dilakukan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunanakan bahan manipulatif berupa garis bilangan (tahap (ikonic); (III) Pada siklus III dilakukan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat tanpa menggunakan bahan manipulatif (tahap symbolic).

Temuan penelitian yang didapatkan pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bulat pada siklus I, II dan III menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa yaitu 90,10%, 90,10% dan 95,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan hal-hal sebagai berikut: (1) Guru perlu membiasakan siswa untuk belajar dalam kelompok. Sehingga siswa dapat berinteraksi, berdiskusi dan saling membantu antar anggota kelompok, (2) Dalam perencanaan pembelajaran, guru hendaknya memperhatikan pengelolaan waktu dengan baik agar pembelajaran dapat berlansung efektif, (3) Pembelajaran dengan media bahan manipulatif terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa. Karena itu perlu berlatih dan berinovasi dalam merancang pembelajaran dengan menggunakan media bahan manipulatif.

Abstract:

Number is one of the materials in mathematics and is often used in daily life. Integer is a kind of numbers taught in the elementary school. The ability of the grade IV students SDN Nglateng 01 in doing addition and subtraction the integers was still low. The low ability of the students in doing addition and subtraction of integers was because the conventional learning strategy used by the teacher. That conventional learning did not give opportunities to the students to construct their knowledge themselves. The teacher did not use any media in the learning process. The teacher gave explanation directly about the material, giving examples and exercises so that the students just memorized and did a procedural works. Besides the students was not given opportunities to apply the concept of integers in daily life. Therefore, it is necessary to create a learning condition which can help the students to manipulate in the learning of addition and subtraction of the integers.

This study aimed to (1) describe the learning plans of the addition and subtraction of integer by using manipulative materials which is used to help the students to learn about addition and subtraction of integers for the grade IV students of SDN Nglateng 01 Kenduran subdistrict Tuban district, (2) describe the implementation of the lesson plan of the addition and subtraction of integers by using the manipulative materials, (3) describe the students understanding in learning the addition and subtraction the integers by using the manipulative materials.

To achieve those objectives, the researcher planned to do a classroom action research which was implemented for the grade IV students in SDN Nglateng 01 Kenduran Subdistrict Tuban Regency. The research data were obtained from the pre-test and the post-test, the observation result got during the teaching and learning process between students and teacher and the interview result.

This study was implemented in three cycles. Each cycle consisted of four phases those were planning, implementation, observation, and reflection. The implementation of learning plans by using the different manipulative material which followed Brunner theory those are: (1) in cycle 1, the researcher implemented the addition and subtraction of integer by using manipulative material in the form of integer chips made from carton (enactive phase); (2) in cycle II the learning of the addition and subtraction of integer was done by using the manipulative material that is line number (iconic phase); (3) in cycle III the learning process of the addition and subtraction of integer was done without using the manipulative material (symbolic phase).

The research finding got from the learning of the addition and subtraction of the integers in cycle I, II, and III showed that there was an improvement of the students' achievement those were 90.10%, 90.10% and 95.5%. Respectively based on the research findings, the researcher expected cases as follows: (1) the teacher should accustom the students to learn in group. Accordingly, the students can interacting each other, discuss, and help each other, (2) in the learning plans the teacher should pay attention on the time management so that lesson earn effective. (3) study with materials media of manipulative proven can improve the understanding of student. In consequence require to exercise and innovate in designing study by using materials media of manipulative.