DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Fan - N - Pick. t erhadap Aktivitas dan Hasil Belajar p ada Pembelajara n Tematik Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas I V S DN 4 Sidorejo Kabupaten Malang

virda dwi erlita

Abstrak


Abstrak

Erlita, Virda ,Dwi. 2019. Pengaruh Strategi Fan-N-Pick. terhadap Aktivitas dan

Hasil Belajar  pada Pembelajaran Tematik Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV SDN 4 Sidorejo Malang Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing

(1).(Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd.

(II) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si.

 

Kata kunci: Strategi Fan-N-Pick, Aktivitas, Hasil Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh Strategi Fan-N-Pick terhadap aktivitas belajar siswa pada pembelajaran tematik, 2) pengaruh Strategi Fan-N-Pick terhadap hasil belajar pada siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2018/2019 di SDN 4 Sidorejo Malang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperimenal Design dengan bentuk Nonequivalent control grup design, yaitu terdapat dua kelompok yang tidak dipilih secara random baik kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. dengan subjek berjumlah 38 orang. Data aktivitas belajar siswa didapatkan melalui observasi terhadap aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Dan hasil belajar yang dikumpulkan dengan instrument tes berbentuk isian. dan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik parametrik Independent Sample T Test.

Penelitian ini didasarkan pentingnya tiga ranah dalam aspek hasil belajar diantaranya adalah ranah pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Namun pada kenyataannya pada ranah pengetahuan (kognitif) dan ranah (afektif) masih perlu diperbaiki. Hal tersebut dapat diperbaiki dengan menggunakan strategi pembelajaran yang dikolaborasikan dengan pendekatan. Dalam hal in peneliti menggunakan Strategi Fan-N-Pick. Strategi Fan-N-Pick dipilih karena strategi ini mampu melibatkan siswa secara aktif dalam kelompok dan melatih kemampuan berpikir siswa dalam mengingat kembali materi pembelajaran yang diterima.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:

1) ada pengaruh aktivitas belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Strategi Fan-N-Pick hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ,

 

2) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Strategi Fan-N-Pick mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini berarti Strategi Fan-N-Pick lebih baik (ada perbedaan positif) dari pada pembelajaran konvensional (diskusi). Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat dari hasil uji t yang menunujukan bahwa nilai T hitung (2.052) > t table (2,028) dan nilai signifikansi (0,048) < alpha (0.050), sehingga terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap peningkatan nilai hasil belajar (gain score). Peningkatan aktivitas dapat dilihat dari nilai t hitung (2,052) > t tabel (2,028) dan nilai signifikansi (0,048) < alpha (0.050) sehingga terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap aktivitas siswa.