DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode SQ3R terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV di SDN 1 Sumberagung

Yulia, Dwi Sandra Fera.

Abstrak


RINGKASAN

Yulia, Dwi Sandra Fera. 2019. Pengaruh Metode SQ3R Terhadap Aktivitas dan

Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keragaman di

Negeriku Kelas IV di SDN 1 Sumberagung. Tesis. Program Studi

Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing

(I).Prof. Dr. Wahjoedi, M.E., M.Pd. Pembimbing:

(II) Dr.Ari Sapto, M.Hum

 

Kata kunci: metode SQ3R, aktivitas, hasil belajar

Kemampuan dan keterampilan membaca pada hakikatnya merupakan

kemampuan mutlak yang harus dikuasai siswa sebagai sarana untuk membina

keterampilan komunikasi dan penguasaan ilmu pengetahuan. Pentingnya

pembelajaran membaca pada jenjang pendidikan sekolah dasar tidak luput dari

proses aktivitas siswa dalam membaca materi pelajaran dan hasil belajar siswa

selama dikelas yang berpatokan pada KKM. Rendahnya nilai bahasa Indonesia di

SDN 1 Sumberagung yang masih di bawah KKM perlu mendapat perhatian guru,

untuk itu perlu adanya penggunaan metode yang mampu mengarahkan siswa

membaca bacaan secara paham dan berfikir kritis yang diharapkan mampu

menjadikan siswa lebih aktif dan terlatih dalam memahami materi bacaan yang

disampaikan.

Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) dalam hal ini

memiliki beberapa kelebihan. Adapun kelebihannya yaitu melatih siswa untuk

terbiasa berpikir terhadap bahan bacaan, sehingga siswa menjadi lebih aktif dan

terlatih untuk bisa membuat pertanyaan. Penelitian dengan metode SQ3R ini

memiliki tujuan untuk mengetahui:

(1) pengaruh metode SQ3R terhadap aktivitas belajar pada pembelajaran tematik tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV di SDN 1 Sumberagung,

(2) pengaruh metode SQ3R terhadap hasil belajar pada pembelajaran tematik tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV di SDN 1 Sumberagung.

Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan desain

penelitiannya adalah non-equivalent control group design. Subyek dalam

penelitian ini sebanyak 50 siswa. Aktivitas belajar diukur berdasarkan observasi

terhadap aktivitas siswa selama proses belajar-mengajar. Hasil belajar diperoleh

melalui data instrumen tes bentuk soal pilihan ganda yang diberikan. Analisis

dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan statistik parametrik Independent

Sample T Test.

Hasil penelitian diketahui bahwa:

1) ada pengaruh aktivitas belajar siswa

yang mengikuti pembelajaran dengan metode SQ3R hal ini di buktikan dengan

terjadi peningkatan,

2) hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan

metode SQ3R mengalami peningkatan yang signifikan. Hasil penelitian ini

menunjukkan bahwasannya metode SQ3R lebih baik (ada perbedaan yang positif)

dari pada pembelajaran konvensional (ceramah). Peningkatan hasil belajar

tersebut dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai t hitung

(6,866) > t tabel (2,011) dan nilai signifikansi (0,000) < alpha (0,050), maka

terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap

peningkatan nilai hail belajar atau gain score. Peningkatan aktivitas dapat dilihat

dari nilai t hitung (3,654) > t tabel (2,011) dan nilai signifikansi (0,001) < alpha

(0,050) maka terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol

 

terhadap aktivitas siswa.