DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Representasi Siswa pada Materi Kinematika melalui Modeling Instruction

Hidayah, Nurul.

Abstrak


RINGKASAN

Hidayah, Nurul. 2019. Peningkatan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Representasi Siswa pada Materi Kinematika melalui Modeling Instruction. Tesis, Jurusan Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Prof. Dr. Sutopo, M.Si.,

(II) Dr. Hari Wisodo, S.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: penguasaan konsep, representasi, modeling instruction, kinematika

Penguasaan konsep menjadi salah satu hal pokok yang harus dimiliki siswa dalam mempelajari kinematika. Banyak penelitian yang mengungkap bahwa masih terdapat kesulitan bahkan kesalahpahaman konsep siswa dalam memahami konsep kinematika. Pelaksanaan Modeling Instruction diduga dapat membantu siswa dalam meningkatan penguasaan konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji efektivitas Modeling Instruction untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa dan dampak Modeling Instruction dalam perubahan kemampuan representasi siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan mixed method dengan desain embedded experimental design. Subyek penelitian mencakup 58 siswa kelas X tahun pelajaran 2018/2019 di salah satu SMA Negeri di Kota Malang. Penguasaan konsep diukur dengan instrumen tes sebanyak dua puluh butir soal pilihan ganda beralasan yang memuat materi gerak lurus, gerak parabola dan gerak melingkar. Butir soal memiliki korelasi dengan skor total rata-rata 0,461, daya beda rata-rata 0,584, dan tingkat kesukaran rata-rata 0,352. Secara keseluruhan instrumen tes penguasaan konsep memiliki reliabilitas r=0,601. Jawaban siswa terhadap kedua jenis tes tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif berdasarkan skor siswa sedangkan analisis kualitatif berdasarkan alasan jawaban siswa menjawab soal pilihan ganda dan uraian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Modeling Instruction secara signifikan (p=0,000) meningkatkan penguasaan konsep kinematika siswa dengan N-Gain sebesar 0,35 (medium bawah) dan d-effect size diperoleh hasil 2,44 (sangat besar). Peningkatan penguasaan konsep siswa juga nampak pada cara siswa menjawab soal. Siswa mampu menerapkan konsep kecepatan rata-rata untuk mendapatkan kecepatan yang sama dari dua benda yang bergerak, memahami percepatan konstan untuk gerak parabola, dan menerapkan konsep vektor untuk menentukan arah kecepatan. Kemampuan representasi siswa juga mengalami pergeseran ke tingkat yang lebih baik. Pada representasi grafik kemampuan siswa bergeser dari kategori missing (0) meningkat menjadi kategori inadequate (1). Pada representasi verbal siswa hanya mampu menggambarkan sebagian fenomena. Untuk representasi matematis meningkat dari kategori missing (0) menjadi need some improvement (2). Kekurangan siswa pada representasi matematis yakni konsistensi menerapkan tanda positif dan negatif untuk nilai yang diketahui. Representasi grafik meningkat dari missing (0) ke adequate (3). Representasi diagram meningkat dari missing (0) menjadi need some improvement (2). Pembuatan representasi diagram dianggap kurang sempurna karena siswa tidak menyertakan skala yang jelas dimana posisi benda berada. Secara umum pembelajaran yang dilaksanakan dengan Modeling Instruction dapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa.