DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Multipel Representasi Berbantuan Program Resitasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Hukum Newton

Fadlli, M. R.

Abstrak


RINGKASAN

Fadlli, M. R. 2019. Pembelajaran Multipel Representasi Berbantuan Program Resitasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Hukum Newton. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing

(I).Prof. Dr. Sutopo, M.Si.

(II) Dr. Eny Latifah, M.Si.

 

Kata Kunci: pembelajaran multipel representasi, resitasi, penguasaan konsep

Hukum Newton merupakan salah satu hukum fundamental dalam fisika. Hukum Newton dapat menjelaskan fenomena sehari-hari yang berkaitan dengan gerak. Untuk memahami hukum newton dengan baik, pemahaman terhadap rumus matematis saja tidaklah cukup karena masih bersifat abstrak. Keabstrakan dari konsep tersebut akan lebih mudah dipahami jika disajikan dalam berbagai representasi. Pembelajaran multipel representasi menggabungkan beberapa representasi dalam menyajikan materi serta mengakomodasi semua kelebihan dan kekurangan dari setiap representasi. Kemudian untuk peningkatan penguasaan konsep siswa lebih secara maksimal membutuhkan banyak alokasi waktu. Sedangkan alokasi waktu saat kegiatan pembelajaran disekolah terbatas. Oleh karena itu, perlunya pemberian bantuan soal konseptual dalam bentuk program resitasi disertai dengan balikan untuk membantu guru mengajarkan konsep secara lebih mendalam. Dengan program resitasi, siswa dapat belajar konsep Hukum Newton secara maksimal dengan memberikan umpan balik, dan melakukan refleksi secara langsung.

Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan desain embedded. Subyek penelitian terdiri 102 siswa kelas X MIPA 4-6 di SMA Negeri 7 Malang. Instrumen penelitian yang di gunakan terdiri dari tes penguasaan konsep yang berjumlah 11 soal pilihan ganda beralasan untuk mengetahui penguasaan konsep. Data kuantitatif diperoleh dari skor pretest dan posttest  pada soal pilihan ganda, sedangkan data kualitatif diperoleh dari alasan siswa dalam menjawab soal pilihan ganda. Data kualitatif didukung juga oleh hasil alasan jawaban siswa, observasi saat pembelajaran, diskusi crosstabulation dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran multipel representasi berbantuan resitasi dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan indikator sebagai berikut (1) Skor penguasaan konsep siswa meningkat dari rerata 1,66 menjadi 6,66 dengan nilai N-gain sebesar 0,53 (kategori sedang) dan nilai effect size sebesar 4,3 (kategori kuat). Kesulitan yang masih di alami siswa pada materi Hukum Newton antara lain siswa masih ada yang beranggapan sifat alamiah benda adalah diam dan jika benda bergerak maka pasti ada gaya yang mendorongnya, siswa kesulitan mengidentifikasi gaya vertikal ke atas. Sebagian siswa berpikir semakin lama di udara besar gayanya berkurang, Siswa kesulitan mengidentifikasi 2 benda yang saling berinteraksi. Sebagian siswa berpikir semakin besar massa benda, maka gaya yang dihasilkan juga semakin besar.