DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Persepsi Siswa tentang Kinerja Mengajar Guru, Latar Sekolah dengan Keterampilan Akademik Siswa Abad 21 dan Dampaknya Terhadap Kapabilitas Siswa SMK

Kurniawan, Anis.

Abstrak


ABSTRAK

Kurniawan, Anis. 2019. Hubungan Persepsi Siswa tentang Kinerja Mengajar Guru, Latar Sekolah dengan Keterampilan Akademik Siswa Abad 21 dan Dampaknya Terhadap Kapabilitas Siswa SMK. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Prof. Dr. Amat Mukhadis, M.Pd.,

(II) Dr. Widiyanti, M.Pd.

 

Kata kunci:  kinerja mengajar guru, latar sekolah, keterampilan akademik siswa abad 21, kapabilitas siswa SMK

Tingginya angka pengangguran lulusan SMK menggambarkan rendahnya kesiapan kerja siswa pada tingkat menengah kejuruan. Pola pikir moderat (mediocre thinking) siswa yang hanya fokus sebagai pencari kerja (job seeker) dan sedikit siswa yang berani menjadi pencipta lapangan kerja (job creator) meng-indikasi¬kan bahwa kapabilitas siswa SMK abad ini sangat rendah. Hasil studi menjelaskan bahwa keteram¬pilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kola-borasi sebagai jenis keteram¬pilan inti untuk membangun kapabilitas siswa pada abad 21 (21st century skills) ternyata diabaikan dalam konteks pendidikan di sekolah kejuruan. Secara teoritik, pengembangan Keteram¬pilan Akademik Siswa Abad 21 (KASA 21) dipengaruhi oleh dua elemen penting, yaitu kinerja mengajar guru dan latar sekolah.

Tujuan penelitian untuk meng¬etahui hubungan secara langsung dan hubungan tidak langsung variabel eksogen (persepsi siswa tentang kinerja mengajar guru dan persepsi siswa tentang latar sekolah) dengan variabel endogen (kapabilitas siswa) melalui variabel intervening (KASA 21). Penelitian menggunakan pendekat¬an kuantitatif dengan teknik pengujian analisis jalur (path analysis). Sampel penelitian adalah siswa kelas XII kompetensi keahlian Teknik Pemesinan di Kabupaten Jember, diperoleh dengan menggunakan teknik probability simple random sampling. Jumlah sampel total sebanyak 178 siswa tersebar di lima sekolah, yaitu SMK Negeri 2 Jember, SMK 3 Pancasila Ambulu, SMK PGRI 3 Tanggul, SMK Teknologi Balung, dan SMK Berdikari Jember. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes yaitu, tes benar salah, tes pilihan ganda, tes uraian, dan angket tertutup. Uji kolerasi dan uji regresi ganda digunakan sebagai teknik analisis data.

Temuan penelitian memberikan kesimpulan

(1) persepsi siswa tentang kinerja mengajar guru memiliki hubungan langsung yang signifikan dengan KASA 21,

(2) persepsi siswa tentang latar sekolah memiliki hubungan langsung yang signifikan dengan KASA 21,

(3) persepsi siswa tentang kinerja mengajar guru memiliki hubungan langsung yang signifikan dengan kapabilitas siswa,

(4) persepsi siswa tentang latar sekolah tidak memiliki hubungan langsung yang signifikan dengan kapabilitas siswa,

(5) KASA 21 memiliki hubungan langsung yang signifikan dengan kapabilitas siswa,

(6) persepsi siswa tentang kinerja mengajar guru memiliki hubungan tidak  langsung yang signifikan dengan kapabilitas siswa melalui KASA 21, dan

(7) persepsi siswa tentang latar sekolah memiliki hubungan tidak langsung yang signifikan dengan kapabilitas siswa melalui KASA 21.