DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Mata Kuliah Istima' Mukatsaf Ibtida'i di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang

Fikriyyah, Asiefatul.

Abstrak


RINGKASAN

Fikriyyah, Asiefatul. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Mata Kuliah Istima’ Mukatsaf Ibtida’i di Prodi Pendidikan Bahasa Arab Unversitas Negeri Malang. Tesis. Program Studi Keguruan Bahasa. Universitas Negeri Malang.

Pembimbing

(I).Prof. Dr. Nurul Murtadho,

(II) Dr. Roekhan, M.Pd.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, Istima’ Mukatsaf Ibtida’i

Istima Mukatsaf Ibtida’i merupakan mata kuliah keterampilan dasar menyimak bahasa Arab di prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang yang memiliki peran penting, baik dalam proses penguasaan keterampilan berbahasa yang lain ataupun keterampilan menyimak berjenjang. Minimnya variasi pembelajaran, menyebabkan suasana kelas tidak kondusif serta mahasiswa merasa mengantuk pada jam-jam pelajaran. Ditambah lagi, kondisi mahasiswa offering C tahun 2018 yang masih pemula dalam belajar bahasa Arab, menyebabkan adanya kesulitan dalam memahami audio simakan. Media yang digunakan di dalam kelas bersumber dari audio kitab Al-Arobiyyah Bayna Yadayk jilid 1 yang bersifat auditif. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, dikembangkan media yang berbentuk audio-visual sebagai inovasi pembelajaran yaitu berupa video animasi.

Dalam pembelajaran istima’, video animasi memiliki peran untuk membantu memberikan pemahaman kepada mahasiswa. Visualisasi yang terdapat dalam animasi dapat menyampaikan isi pesan dari audio yang diperdengarkan. Pengalaman multi sensori yang didapatkan mahasiswa akan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran menyimak serta memperkuat daya ingat mahasiswa. Dengan adanya video animasi ini, diharapkan dapat membantu dalam proses pemahaman mahasiswa terhadap materi simakan serta memberikan inovasi dalam pembelajaran Istima’ Mukatsaf Ibtida’i.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yaitu

(1) analysis,

(2) design,

(3) development,

(4) implementation, dan

(5) evaluation. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi untuk mata kuliah Istima’ Mukatsaf Ibtida’i dan mendeskripsikan hasil uji kelayakan dari penggunaan video animasi tersebut. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan bahwa media video animasi layak untuk digunakan sebagai media tambahan dalam proses pembelajaran Istima’. Hal ini diketahui berdasarkan hasil uji rancangan, hasil uji validasi maupun hasil uji lapangan, baik itu dari segi materi maupun segi media. Hasil uji rancangan aspek materi memperoleh rata-rata skor 3,7 (valid) dan hasil uji rancangan aspek media memperoleh rata-rata skor 3,6 (valid). Sedangkan hasil uji validasi aspek materi mendapatkan rata-rata skor 3,4 (cukup valid) dan hasil uji validasi aspek media medapatkan rata-rata skor 3,6 ( valid). Selanjutnya, hasil uji lapangan pada aspek materi memperoleh rata-rata skor 4,5 (sangat valid) dan hasil uji lapangan pada aspek media memperoleh rata-rata skor 4,4 (valid). Saran untuk peneliti selanjutnya adalah memperhatikan kualitas audio pengisi suara, memperbanyak karakter suara native speaker dan menggunakan aplikasi video yang memiliki kualitas lebih bagus.