DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Flashcard Game Dan Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN 1 Glanggang Kabupaten Malang

YULIANTO HENDRA

Abstrak


RINGKASAN

Yulianto, Hendra. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Flashcard Game Dan Inside-Outside Circle Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN 1 Glanggang Kabupaten Malang. Tesis, Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(1) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd.,

(2) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W., M.A., M.Si

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Flashcard Game, Inside-Outside Circle, Keterampilan Sosial, Hasil belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara pada kegiatan pratindakan di kelas V SD Negeri 1 Glanggang Kabupaten Malang bahwa ditemukan beberapa fakta permasalahan utama dalam pembelajaran muatan pelajaran IPS diantaranya adalah

(1) siswa kesulitan dalam kegiatan menghafal materi bacaan dengan batasan waktu yang minimal,

(2) siswa terlihat pasif dalam berkomunikasi atau berinteraksi kepada sesama teman dan gurunya,

(3) rasa jenuh dan bosan saat pembelajaran berlangsung membuat sikap keterampilan sosial seperti ketegasan, kerjasama dalam berkelompok, bertanggung jawab, perhatian kesesama temanya, dan dalam mengendalikan diri sangat kurang terlihat,

(4) kurangnya guru dalam mengembangkan model pembelajaran yang menarik, kooperatif, dan menyenangkan. Salah satu cara alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Flashcard Game dan Inside-Outside Circle.

Tujuan dari penelitian ini yaitu

1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif Flashcard Game dan Inside-Outside Circle,

2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan sosial siswa melalui model pembelajaran kooperatif Flashcard Game dan Inside-Outside Circle,

3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar muatan IPS siswa melalui model pembelajaran kooperatif Flashcard Game dan Inside-Outside Circle.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahap setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap di SD Negeri 1 Glanggang Kabupaten Malang dengan subjek penelitian 24 siswa kelas V tahun ajaran 2018/2019. Data penelitian berupa keterlaksanaan pembelajaran terhadap guru dan siswa, keterampilan sosial, dan hasil belajar IPS siswa yang diukur dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Flashcard Game dan Inside-Outside Circle terhadap guru dan siswa, lembar observasi keterampilan sosial, lembar angket keterampilan sosial, lembar wawancara guru dan siswa setelah atau sebelum penerapan pembelajaran kooperatif, serta lembar tes hasil belajar IPS siswa.

Hasil dari penelitian yaitu

(1) Penerapan model pembelajaran kooperatif Flashcard Game dan Inside-Outside Circle yang dilakukan oleh guru dan siswa terlaksana dengan peningkatan sangat baik;

(2) Penerapan model pembelajaran kooperatif Flashcard Game dan Inside-Outside Circle dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas V. Persentase nilai rata-rata klasikal pada keterlaksanaan pembelajaran terhadap guru dari siklus I sebesar 77,20% meningkat di siklus II sebesar 86,80%, nilai rata-rata klasikal pada keterlaksanaan pembelajaran terhadap siswa dari siklus I sebesar 77,90% meningkat di siklus II sebesar 85,65%, selanjutnya observasi keterampilan sosial siswa pada siklus I sebesar 71,80% meningkat di siklus II mencapai 81,50%, nilai rata-rata klasikal pada angket keterampilan sosial di siklus I sebesar 82,30% meningkat di siklus II sebesar 90,00%, serta nilai ketuntasan klasikal hasil belajar IPS pada siklus I sebesar 62,50% diketahui meningkat cukup signifikan pada siklus II sebesar 83,33% dengan nilai rata-rata individu sebesar 84,33 di akhir pelaksanaan siklus.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka peneliti memberikan beberapa saran yaitu:

(1) Guru Sekolah Dasar alangkah baiknya jika menerapkan pembelajaran yang kooperatif seperti Flashcard Games dan Inside-Outside Circle dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa dan hasil belajar muatan pelajaran IPS,

(2) Guru dalam menggunakan model pembelajaran alangkah baiknya apabila disesuaikan dengan tingkat perkembangan berfikir dan perilaku siswa, standar keterbacaan materi pembelajaran, penggunaan media yang konkret seperti video pembelajaran, kebijakan alokasi waktu dalam memberikan instruksi kepada siswa, serta

(3) Siswa sebaiknya dalam melaksanakan di lapangan model Inside-Outside Circle dilakukan dengan duduk berhadapan , serta

(4) Guru jika membimbing siswa untuk tertib, disiplin, dan jelas setiap menjelaskan suatu langkah-langkah pembelajaran baik di dalam kelas maupun di lapangan agar tercipta suasana belajar sambil bermain yang kondusif, efektif, efisien, dan menyenangkan.