DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan Sosial Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Gondanglegi

ALFIANTI, RIRIK AJENG.

Abstrak


RINGKASAN

Alfianti, Ririk Ajeng. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan Sosial Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Gondanglegi. Tesis, Pendidikan Sejarah, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I).Dr. Blasius Suprapta, M.Hum.

(II) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Interaktif, Keterampilan Sosial, Hasil Belajar

Teori konstruktivistik sosial Vygotsky menyebutkan bahwa interaksi sosial merupakan landasan terjadinya perkembangan kognitif. Berdasarkan teori tersebut, diduga model pembelajaran interaktif mampu mempengaruhi perkembangan kognitif karena adanya interaksi sosial yang dilakukan siswa. Pada teori konstruktivistik sosial juga dijelaskan adanya zone of proximal development. Interaksi dengan orang lain dalam ZPD mendorong terjadinya perkembangan kognitif sehingga diduga ada faktor lain yang bisa mempengaruhi hasil belajar yaitu keterampilan sosial. Keterampilan sosial membantu siswa untuk berinteraksi dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah

(1) adakah pengaruh model pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar?

(2) adakah pengaruh keterampilan sosial terhadap hasil belajar? dan

(3) adakah interaksi antara model pembelajaran interaktif dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dengan desain faktorial. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Gondanglegi tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes, angket, dan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova dua jalur dengan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa

(1) Ada pengaruh positif signifikan penggunaan model pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah.

(2) Ada pengaruh positif signifikan keterampilan sosial siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Hasil uji Post Hoc menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi lebih bagus dibandingkan dengan siswa yang memiliki keterampilan sosial sangat tinggi, sedang, dan rendah.

(3) Ada pengaruh positif signifikan interaksi antara model pembelajaran interaktif dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran dari peneliti adalah guru bisa menggunakan model pembelajaran interaktif dalam pembelajaran sejarah dan memperhatikan keterampilan sosial siswa, serta bagi peneliti selanjutnya bisa melakukan Penelitian Tindakan Kelas atau melakukan penelitian eksperimen dengan memadukan model pembelajaran interaktif dengan variabel lain. Implikasi hasil penelitian ini terhadap pembelajaran sejarah di SMA adalah guru dapat menerapkan model pembelajaran interaktif dengan terlebih dahulu membiasakan siswa untuk melakukan interaksi sosial dalam proses pembelajaran.

 

SUMMARY

Alfianti, Ririk Ajeng. 2019. The Effect of Interactive Learning Model and Student Social Skills to Student Learning Outcomes in History Learning of Class X IPS in SMA Negeri 1 Gondanglegi. Thesis, Historycal Education, Postgraduate Program, State University of Malang.

Advisors:

(I).Dr. Blasius Suprapta, M.Hum.

(II) Dr. Hj. Endang Sri Andayani, S.E., M.Si., Ak.

 

Key Words: Interactive Learning Model, Social Skills, Learning Outcomes.

The social constructivist theory of Vygotsky explains that social interaction is the basis of cognitive development. Based on the theory, it is assumed that the interactive learning model is able to influence cognitive development because of the social interactions that students make. In social constructivist theory also explained the existence of a zone of proximal development. Interaction with other people in ZPD encourages cognitive development so that there is other factor that can influence learning outcome, namely social skills. Social skills help students to interact in the learning process. The research problems in this research are

(1) is there an impact of the interactive learning model to learning outcomes?

(2) is there any impact of social skills to learning outcomes? and

(3) is there an interaction between interactive learning models and social skills towards learning outcomes?

This research uses a quantitative approach with a quasi-experimental method with factorial design. The population of this research is class X SMAN 1 Gondanglegi in 2018/2019 academic year. The sample used class X IPS 2 as the experimental class and class X IPS 3 as the control class. The research instruments are test, questionnaire, and implementation of learning. Data analysis technique is two-way ANOVA using the SPSS program.

The results of this research indicate that

(1) There is a significant positive effect on the use of interactive learning models on student learning outcomes in historical learning.

(2) There is a significant positive effect of students' social skills on student learning outcomes in historical learning. Post Hoc test results show that the learning outcomes of students who have high social skills are better than students who have very high, moderate, and low social skills.

(3) There is a significant positive effect of the interaction between interactive learning models and social skills on student learning outcomes in learning.

 

Based on the result of this research, suggestions from researchers are teachers can use interactive learning models in historical learning and pay attention to students' social skills, and for future researchers can doing Classroom Action Research or experimental research by combining interactive learning models with other variables. The implication of the results of this research on historical learning in high school is that teachers can apply interactive learning models by first familiarizing students with social interaction in the learning process.