DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Motivation, dan Entrepreneurial Self-Efficacy terhadap Entrepreneurial Intention melalui Entrepreneurial Attitude (Studi Pada Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Tata Boga dan Pendidikan Tata Busana Universit

MUSTANTIAH, R.

Abstrak


ABSTRAK

Mustantiah, R. 2019. Pengaruh Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Motivation, dan Entrepreneurial Self-Efficacy terhadap Entrepreneurial Intention melalui Entrepreneurial Attitude (Studi Pada Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Tata Boga dan Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang Tahun Angkatan 2016/2017). Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

1) Dr. Agus Hermawan, M.Si., Grad Dip MGT., M.Bus;

2) Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

 

Kata kunci: entrepreneurship education, entrepreneurial motivation, entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial attitude, dan entrepreneurial intention.

Dewasa ini padahal lapangan pekerjaan semakin sempit karena tidak sebanding dengan banyaknya lulusan yang mencari kerja. Berdasarkan data dari Badan Ekonomi Kreatif bahwa subsektor yang sedang berkembang sampai saat ini yaitu bidang food dan fashion yaitu dengan persentase 41,69% dan 18,15% (http://bekraf.go.id). Melalui badan ini pemerintah menyediakan fasilitas-fasilitas seperti pelatihan bisnis, akses permodalan, dan pendampingan pendirian usaha. Oleh karenanya, peneliti melakukan penelitian terkait hubungan antar variabel entrepreneurship education, entrepreneurial motivation, entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial attitude, dan entrepreneurial intention pada mahasiswa prodi S1 Pendidikan Tata Boga dan Pendidikan Tata Busana.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebesar 320 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotionate random sampling berjumlah 180 responden. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner tertutup yang sebelumnya telah diujicobakan yaitu melalui uji validitas dan uji reliabilitas sehingga item kuesioner dinyatakan valid dan reliabel untuk digunakan sebagai instrumen penelitian. Analisis data pada penelitian ini, diantaranya a) analisis data deskriptif, b) uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas, dan c) analisis jalur.

Hasil penelitian ini menunjukan pada hipotesis pertama yaitu Entrepreneurship Education berpengaruh positif dan signifikan terhadap Entrepreneurial Attitude, hal tersebut dibuktikan dengan nilai siginifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Beta sebesar 0,245. Hipotesis 2 menyatakan Entrepreneurship Education berpengaruh positif dan signifikan terhadap Entrepreneurial Intention, hal tersebut dibuktikan dengan nilai siginifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Beta sebesar 0,271. Hipotesis 3 menyatakan Entrepreneurial Motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap Entrepreneurial Attitude, hal tersebut dibuktikan dengan nilai siginifikansi sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai Beta sebesar 0,244. Hipotesis 4 menyatakan Entrepreneurial Motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap Entrepreneurial Intention, hal tersebut dibuktikan dengan nilai siginifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Beta sebesar 0,210. Hipotesis 5 menyatakan Entrepreneurial Self-Efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap Entrepreneurial Attitude, hal tersebut dibuktikan dengan nilai siginifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Beta sebesar 0,412.

Hipotesis 6 menyatakan Entrepreneurial Self-Efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap Entrepreneurial Intention, hal tersebut dibuktikan dengan nilai siginifikansi sebesar 0,005 < 0,05 dan nilai Beta sebesar 0,335. Hipotesis 7 menyatakan Entrepreneurial Attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap Entrepreneurial Intention, hal tersebut dibuktikan dengan nilai siginifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Beta sebesar 0,220. Hipotesis 8 menyatakan Entrepreneurship Education berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap Entrepreneurial Intention, hal tersebut dibuktikan dengan nilai Beta sebesar 0,311. Hipotesis 9 menyatakan Entrepreneurial Motivation berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap Entrepreneurial Intention, hal tersebut dibuktikan dengan nilai Beta sebesar 0,295. Hipotesis 10 menyatakan Entrepreneurial Self-Efficacy berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap Entrepreneurial Intention, hal tersebut dibuktikan dengan nilai Beta sebesar 0,550.

Saran berdasarkan hasil penelitian ini diantaranya, yaitu a) dapat menjadi bahan informasi maupun referensi untuk para pendidik sehingga mampu mengarahkan dan membimbing mahasiswa terkait pengembangan aspek-aspek maupun keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha yang dianggap kurang mampu menjadi mampu; b) hendaknya mahasiswa lebih memperdalam lagi keterampilan terkait pengelolaan bisnis. Sehingga tidak terfokus pada produk yang dihasilkan saja, namun juga harus mampu berkomunikasi yang erat kaitannya dengan pemasaran produk dan juga pengambilan keputusan terhadap evaluasi bisnis guna pengembangan bisnis/usaha; dan c) kepada peneliti selanjutnya yang akan mengkaji tentang Entrepreneurial Intention, antara lain (1) Untuk dapat menambahkan faktor atau variabel lainnya; (2) Menambah jumlah responden; (3) lebih menggali secara mendalam antara mahasiswa dengan latar belakang orang tua sebagai entrepreneur dan yang bukan, serta; (4)  menggali lebih dalam lagi apakah mahasiswa sudah melakukan kegiatan bisnis sebelum duduk di Perguruan Tinggi atau setelah mendapatkan mata kuliah Kewirausahaan di Perguruan Tinggi.

 

ABSTRACT

Mustantiah, R. 2019. The Influence of Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Motivation, and Entrepreneurial Self-Efficacy on Entrepreneurial Intention through Entrepreneurial Attitude (Case Study of Programs S1 Students in Education and Education Education and Fashion Education in Universitas Negeri Malang Year 2016/2017) .  Thesis, Master of Program S2 Business and Management Education, Fakulty of Postgraduate, Universitas Negeri Malang.

Advisors:

1) Dr.  Agus Hermawan, M.Si., Grad Dip MGT., M.Bus;

2) Dr.  Aniek Indrawati, S.Si., M.M.

 

Keywords:  entrepreneurship education, entrepreneurial motivation, entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial attitude, and entrepreneurial intention .

Today even though employment is getting narrower because it is not comparable to the number of graduates who are looking for work.  Based on data from the Creative Economy Agency that the sub-sector that is currently developing is the food and fashion sector , with 41.69% and 18.15% (http: // bekraf.go.id).  Through this agency the government provides facilities such as business training, capital access, and business establishment assistance.  Therefore, the researchers conducted research related to the relationship between variables of entrepreneurship education, entrepreneurial motivation, entrepreneurial self-efficacy, entrepreneurial attitude, and entrepreneurial intention on students in the Department of Catering Education and Fashion Education.

The research method uses a quantitative approach with a population of 320 students .  The sampling technique using propotionate random sampling amounted to 180 respondents.  The research instrument used was a closed questionnaire that had previously been tested, namely through validity and reliability testing so that the questionnaire items were declared valid and reliable to be used as research instruments.  Data analysis in this study, including a) descriptive data analysis, b) classic assumption test which includes normality test and linearity test, and c) path analysis.

The results of this study show that the first hypothesis, namely Entrepreneurship Education has a positive and significant effect on Entrepreneurial Attitude , this is evidenced by the significance value of 0,000