DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi terhadap Revisit Intention melalui Kepuasan Wisatawan (Studi Pada Wisatawan Domestik di Gunung Bromo, Malang, Jawa Timur)

NAFIS, R. W.

Abstrak


ABSTRAK

Nafis, R.W. 2019. Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Revisit Intention Melalui Kepuasan Wisatawan (Studi Pada Wisatawan Domestik Gunung Bromo, Kabupaten Malang, Jawa Timur). Tesis, Pascasarjana Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I).Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si

(II) Dr. H. Sutrisno, M.M

 

Kata kunci: Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, Revisit Intention

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:

(1) Kondisi masing-masing variabel Daya Tarik  Wisata, Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, dan Revisit Intention,

(2) pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan Gunung Bromo;

(3) pengaruh Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan Gunung Bromo;

(4) pengaruh Daya Tarik Wisata terhadap Minat Berkunjung Ulang wisatawan Gunung Bromo;

(5) pengaruh Citra Destinasi  terhadap Minat Berkunjung Ulang wisatawan Gunung Bromo;

(6) pengaruh Kepuasan Wisatawan terhadap Minat Berkunjung Ulang wisatawan Gunung Bromo;

(7) pengaruh Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan;

(8) pengaruh Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi terhadap Revisit Intention melalui Kepuasan Wisatawan.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatori dan korelasi, penelitian ini menjelaskan kondisi masing-masing variabel dan menjelaskan pengaruh variabel daya tarik wisata dan citra destinasi terhadap revisit intention dengan kepuasan wisatawan yang berperan sebagai variabel mediator atau penengah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para wisatawan domestik yang berkunjung ke Gunung Bromo antara bulan November 2018 – Desember 2018 atau bisa dikatakan populasi penelitian ini adalah infinite population atau populasi tak terhingga. Sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 385 orang dari pengunjung Gunung Bromo. Angka 385 tersebut didapatkan setelah dilakukan penghitungan menggunakan rumus Lemeshow. Cara pengumpulan data menggunakan kuesioner dan menggunakan metode purposive sampling. Dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan metode path analysis.

Kesimpulan dalam penelitian ini:

(1) Kondisi masing-masing variabel yang diteliti dalam penelitian ini mendapat penilaian yang baik dari responden dimana Daya Tarik Wisata mendapatkan nilai grand mean 3,91, Citra Destinasi 3,90, Kepuasan Wisatawan 3,88, dan revisit intention sebesar 4,10;

(2) Daya Tarik Wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000;

(3) Citra Destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan sebesar 0,000;

(4) Daya Tarik Wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention dengan nilai signifikansi sebesar 0,011;

(5) Citra Destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention dengan nilai signifikansi sebesar 0,015;

(6) Kepuasan Wisatawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention dengan nilai signifikansi sebesar 0,000;

(7) Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan sebesar 37,9%;

(8) Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Revisit Intention melalui Kepuasan Wisatawan sebesar 52,2%.