DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media PembelajaranMobuyaPadaSubtemaIndahnyaKeragamanBudayaNegerikuSekolahDasarKecamatanBeduaiKabupatenSanggau Kalimantan Barat

Syamsijulianto, Tri.

Abstrak


RINGKASAN

Syamsijulianto, Tri. 2019. Pengembangan Media PembelajaranMobuyaPadaSubtemaIndahnyaKeragamanBudayaNegerikuSekolahDasarKecamatanBeduaiKabupatenSanggau Kalimantan Barat. Tesis, Program StudiPendidikanDasar, PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.

Pembimbing:

(I). Prof. Dr. ArifHidayat, M.Si.,

(II) Prof. Dr. Mohammad Zainudin, M. Pd.

 

Kata Kunci: Media PembelajaranMobuya, SubtemaIndahnyaKeragamanBudayaNegeriku

Pembelajarantematik di sekolahdasarmemilikipermasalahan yang komplek. Subtemaindahnyakeragamanbudayanegerikumerupakansalahsatusubtema yang diajarkanpadapembelajarantematik. Subtemaindanyakeragamanbudayanegerikumasihdibelajarkanbelummenerapkanpembelajaranuntukmengenalkankeragamanbudayadenganefektif. Subtemaindahnyakeragamanbudayanegerikukhususdalampembelajaranpengenalanbudaya yang diterapkanpada proses pembelajarandisekolahdasarmasihkurangmenyenangkansertapesertadidikmerasapembelajaran yang diajarkanoleh guru masihmonoton, danberdampakpadakeinginanpesertadidikuntukbelajar. Permasalahan lain berupa guru belummenggunakan media pembelajaran yang menyenangkan. Masihminimnyapenggunaan media pembelajaran, selainitupermasalahan yang seringditemuipada proses pembelajaranberupa guru hanyamemanfaatkanbuku guru danbukusiswasebagaisumberbelajarnya. Fakta lain yang terjadipadasekolahdasarbahwapemahaman guru dalampenerapan proses pembelajarantidakmemadai, guru tidakmampumenerapkanpraktekpembelajarandenganbaik, sehinggaberdampakkepada proses pembelajarandi sekolahdasar. Pada proses pembelajaran guru belummenggunakan media pembelajarankhususnyadalammengenalkanbudaya yang ada di daerah. Permainanmonopolisudahtidakasingbagipesertadidikdanmasyarakatsecaraumum. Permainanmonopolijugadapatdijadikan media pembelajarankarenakarakteristiknyaberbentukpermainan. Berdasarkankarakteristiktersebutkemudiandikembangkan media pembelajaranMobuya. Media pembelajaranMobuyamerupakansingkatandarimonopoliberbasisbudaya. Media pembelalajaranMobuyamerupakanpermainan yang kontenutamanyaberupakartupertanyaan yang terarahpadasoalHOTS. Tujuandaripengembangan media pembelajaraniniyaituuntukmenghasilkanproduk media pembelajaranMobuyauntukpembelajarantematik yang layak.

Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan (research and development) denganmodel pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adala menggunakan ADDIE (analyze, design, development, implementation, and evaluation) yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda sejak 1990-an. langkah-langkah dari prosedur penelitian dengan menggunakan model ADDIE ada empat yakni analyze,  design, development, implementation, dan evaluation.  Prosedur yang akan digunakan dalam pengembangan media pembelajaran Mobuya untuk pembelajaran tematik di sekolah dasar.

Media yang dikembangkanterdiridari media pembelajaranMobuya, Materibudaya yang ada di Kalimantan Barat, danbukupetunjuk , adapunhasilvalidasimeliputivalidasimateridiperoleh 92,50% dengankategorisangatlayak, validasisilabusdiperoleh 92, 30% dengankategorisangatlayak, validasi RPP diperoleh 93, 33% dengankategorisangatlayak, validasi media pembelajaranpertamadiperoleh 70, 83% dengankategoricukuplayakselanjutnyauntukvalidasi yang keduadiperoleh 74, 19% dengankategorilayak. Hasildariangket guru padapembelajaran media pembelajaranMobuyapadatanggal 22 januari 2019 diperolehhasil 88,75% angketpenerapanpenggunaan media pembelajarandengankategorisangatlayak, selanjutnyapadatanggal 23 januari 2019 hasil yang diperolehdaripelaksanaanpembelajarandenganmenggunakan media pembelajaransebesar 96, 25% dengankategorisangatlayakuntukdigunakanpada proses pembelajarantematikdi sekolahdasar. Ujicobaterbatasdiperolehdiperolehdarihasilsngket yang di sebarkanpada proses pembelajarandiperoleh 97, 53%. Ujicobalapangandiperolehhasilpretestdengan rata-rata 54, 70 danpost testdiperoleh rata-rata 68, 04.

Pada proses penerapan media pembelajaranmobuyamasihdidapatbeberapakendala yang perluuntuk di lakukanperbaikan

1) Pengaturanposisikelompoksebaiknyaharus di atursebelumpelaksanaanpembelajarandengan media pembelajaranMobuya;

2) pengaturanwaktu yang harusdiperhitungkansehingga proses pembelajarandapatdilaksanakandenganefisien;

3) Kartu yang digunakanpada media pembelajaranmasihperluuntukdilakukanrevisiberupalebihmengenalkankeragamanbudaya yang ada di daerah;

4) penggunaan media pembelajaran di dalamkelasharuslebihmemahamikarakteristikpesertadidik yang adapadatempat yang akanditerapkan;

5) pengaturanjadwal yang akandigunakan;

6) sebaiknya media pembelajaranMobuyadilakukandenganbermainperan;

 

7) Materisebaiknya di paparkansedikitpada proses pembelajaranuntukmemberikanapersepsipadapesertadidik.