DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Etos Kerja Peserta Didik dalam Memasuki Dunia Kerja

AMIR

Abstrak


RINGKASAN

Amir. 2019. Etos Kerja Peserta Didik dalam Memasuki Dunia Kerja (Studi Kasus Implementasi Pembelajaran di Magistra Utama) Tesis. Pascasarjana Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Dr. Umi Dayati, M.Pd dan

(II) Dr. Zulkarnain, M.Pd., M.Si.

Kata Kunci: Etos Kerja, Peserta Didik, Dunia Kerja

Menumbuhkan etos kerja yang tinggi pada peserta didik perlu rancangan pendidikan yang mengedepankan pentingnya pendidikan yang bersifat soft and hard skill. Pentingnya etos kerja bagi peserta didik dalam memasuki dunia kerja untuk mencetak lulusan yang memiliki kompetensi baik hard skill atau soft skill sehingga pendidikan dengan segala upayanya dituntut untuk selalu mampu beradaptasi dan mampu memecahkan segala persoalan yang dihadapi. Pendidikan dipandang sangat perlu untuk mengembangkan hard skill dan soft skill untuk mendidik manusia yang berkualitas karena keduanya dituntut untuk selalu beriringan dalam kegiatan yang bersifat interaksi secara sosial yang pada akhirnya akan melahirkan generasi hebat, mandiri dan memiliki kualitas yang tinggi. 

Pada penelitian ini peneliti memiliki fokus dan tujuan penelitian adalah proses pembelajaran soft and hard skill di Magistra Utama dalam pembentukan etos kerja sebagai persiapan memasuki dunia kerja sedangkan tujuan penelitian yaitu:

(a) mendeskripsikan proses pembelajaran soft and hard skill di Magistra Utama Malang,

(b) mendeskripsikan proses pembentukan etos kerja dalam pembelajaran, dan

(c) mendeskripsikan pembelajaran peserta didik dalam memasuki dunia kerja.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana lokasi penelitian dilakukan di Magistra Utama Malang Jalan Bogor 40 Malang Jawa Timur. Sumber data yang digunakan oleh peneliti yaitu data primer dan sekunder, sementara prosedur pengumpulan data melalui wawancara mendalam (indepth interview), observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan sebagai berikut:

(a) reduksi data,

(b) penyajian data (display) dan,

(c) penarikan kesimpulan/verifikasi. Tahap terakhir yaitu validasi data dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode.

Hasil penelitian bahwa proses pembelajaran disampaikan beberapa materi yang memadukan aspek pendidikan soft and hard skill agar lulusan mampu bersaing di dunia kerja dimana Magistra Utama sebagai lembaga pendidikan kursus dan pelatihan memiliki tanggungjawab bahwa tugas lembaga bukan hanya mendidik dan melatih sampai lulus, tetapi harus membantu setiap lulusannya untuk bekerja atau berwirausaha. Sistem pendidikan yang diterapkan yaitu triple competences seperti:

(a) building the winning character,

(b) job skill, dan

(c) intrepreneur skill. Penyelenggaraan pendidikan untuk menambah keterampilan peserta didik agar lulusan mampu bersaing, kompeten dan memiliki etos kerja yang tinggi sehingga interaksi pendidikan softskill dan hardskill selalu diutamakan untuk keseimbangan pembelajaran karena perpaduan kegiatan pembelajaran di atas untuk memastikan lulusan berkualitas, bermutu, dan mempunyai etos kerja tinggi yang pada akhirnya peserta didik mampu bekerja sebelum lulus atau berhasil diterima kerja secara resmi oleh perusahaan.

Mengacu kepada di atas, peneliti menyarankan kepada

(1) pendidik/instruktur di Magistra Utama bahwa penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi yang bisa dijadikan untuk pengembangan pendidikan soft and hard skill kepada peserta didik sebagai media dalam mempersiapkan peserta didik memasuki dunia kerja,

(2) pengelola lembaga sebagai sumber dalam mengembangkan pendidikan soft and hard skill kepada peserta didik, dan

 

(3) peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian sesuai dengan kondisi jaman dan atau sesuai dengan keadaan masyarakat sekitar.