DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Sejarah Angkatan 2018 Universitas Negri Malang

Nilan . Loliyana

Abstrak


ABSTRAK

Loliyana, Nilan. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Sejarah Mahasiswa Sejarah Angkatan 2018 Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I) Dr. G.M. Sukamto, MPd., M.Si

(II) Dr. Endang Sri Andayani, S.E, M.Si., Ak.

Kata Kunci: Outdoor Learning, Minat belajar, pemahaman mahasiswa sejarah.

Universitas Negeri Malang berada pada tahap mendidik mahasiswa generasi Z. Generasi Z merupakan generasi yang memiliki karakter kekinian di mana generasi tersebut benar-benar menikmati budaya manusia masa kini. Dampaknya mereka cenderung serba instan dan tidak menghargai proses. Fenomena tersebut ditanggapi oleh Universitas Negeri Malang dengan menerapkan kurikulum belajar berbasis kehidupan. Belajar berbasis kehidupan adalah sistem belajar yang menggunakan lingkungan alam kehidupannya menjadi sumber belajar. Belajar berbasis kehidupan ini menjadi alternatif penyesuaian yang dilakukan oleh akademisi kampus guna untuk mewadahi perkembangan generasi Z.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:

(1) Apakah ada pengaruh Outdoor Learning terhadap minat belajar mahasiswa sejarah angkatan 2018 Universitas Negeri Malang, dan

(2) Apakah ada pengaruh Outdoor Learning terhadap pemahaman sejarah mahasiswa sejarah angkatan 2018 Universitas Negeri Malang. 

Metode dalam penelitian ini menggunakan pretest posttest experimen & control group design. Penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen menggunakan model belajar outdoor learning sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Pretest diberikan sebelum perlakuan sedangkan posttes diberikan setelah perlakuan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjelaskan tentang Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Sejarah Mahasiswa Sejarah Angkatan 2018 Universitas Negeri Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes yang diperoleh dari mahasiswa sejarah.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum ada pengaruh model outdoor learning terhadap minat belajar mahasiswa sejarah angkatan 2018 Universitas Negeri Malang. Hal ini karena model pembelajaran konvensional dan outdoor learning memiliki pengaruh yang baik terhadap minat belajar mahasiswa. Hasil analisis data dan tes pemahaman sejarah juga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran outdoor learning dapat berpengaruh terhadap pemahaman sejarah mahasiswa sejarah angkatan 2018, karena dengan penggunaan model pembelajaran outdoor learning mahasiswa lebih mudah memahami materi pembelajaran yang bersifat abstrak menjadi gambaran yang lebih nyata. Sehingga peneliti menyarankan agar model pembelajaran outdoor learning diterapkan pada pembelajaran untuk dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa sejarah.