DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Belajar Projek Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Kegiatan Ekonomi Kelas IV SDN Klodan IV. (Thesis)

Agus Hariyanto

Abstrak


Pemahaman materi kegiatan ekonomi pada mata pelajaran IPS oleh siswa kelas IV SDN Klodan IV masih tergolong rendah. Pemahaman siswa yang rendah disebabkan karena proses pembelajaran IPS yang diterapkan di SDN Klodan IV masih bersifat konvensional, yaitu pemberian materi, pemberian contoh-contoh soal latihan. Hal menyebabkan siswa cenderung menghafal materi dan bekerja secara prosedural. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu kondisi pembelajaran yang dapat membantu siswa menemukan sendiri cara menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa berdasarkan pengalaman dan realitas yang dimiliki siswa. Salah satu model dalam pembelajaran IPS adalah model belajar projek.

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan: (1) Rancangan model belajar projek untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang kegiatan ekonomi. (2) Langkah-langkah pelaksanaan model belajar projek untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang kegiatan ekonomi pada siswa kelas IV SDN klodan IV, (3) Deskripsi hasil belajar siswa kelas IV SDN Klodan IV pada pokok bahasan kegiatan ekonomi melalui model belajar projek.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti merancang suatu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada siswa Kelas IV SDN Klodan IV Kabupaten Nganjuk. Data penelitian diperoleh dari hasil tes awal, hasil pengamatan aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru, tes akhir siswa, dan hasil wawancara dengan siswa. Materi yang disampaikan pada penelitian ini berupa langkah siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).

Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Temuan penelitian yang didapatkan pada siklus I menunjukkan bahwa pada awal pembelajaran, siswa tidak dapat bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas projek dan siswa kesulitan menjawab soal tentang kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi. Pada kegiatan pembelajaran siklus II fokus perbaikan pembelajaran pada kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi, siswa mulai dapat bekerjasama untuk menyelesaikan projek mereka tetapi siswa kesulitan menjawab soal tentang kegiatan produksi. Pada siklus III fokus perbaikan pada pokok bahasan kegiatan produksi, kerjasama antar siswa sudah berjalan dengan baik untuk menyelasaikan masalah pada projek mereka.

Rancangan model belajar projek pada pokok bahasan ekonomi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah: (1) persiapan, (2) menentukan topik, (3) merencanakan kegiatan, (4) investigasi dan penyajian, (5) membuat laporan, dan (6) evaluasi. Langkah-langkah model belajar projek dalam penelitian ini dimulai dengan mengelompokkan siswa dalam kelompok belajar, jumlah anggota kelompok adalah 4-5 siswa, kedua orentasi tugas pada projek dengan menyiapkan sumber informasi yang akan digali oleh siswa pada mata pelajaran IPS tentang kegiatan ekonomi adalah pasar dan industri tempe, ketiga siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan projek, keempat kelompok melaporkan hasil kerja, yang berupa peta konsep tentang kegiatan ekonomi dan proses pembuatan tempe, terakhir siswa mempublikasikan hasil kerja kelompoknya.

Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, siklus II, dan siklus III hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi dengan model belajar projek menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari siklus I ke siklus selanjutnya. Terjadi peningkatan persentase keberhasilan tes hasil belajar siswa, yaitu dari 71 menjadi 75,75 dan menjadi 80,25. Peningkatan persentase keberhasilan aktivitas mengajar guru, yaitu dari 72,5% menjadi 76,2% dan menjadi 81,6%. Skor aktivitas belajar siswa meningkat dari 74% menjadi 81% menjadi 86,6%.

Siswa menunjukkan respon yang cukup baik. Respon yang dimaksud adalah: (a) Siswa menjadi lebih antusias atau semangat mengikuti kegiatan pembelajaran, (b) Dengan melakukan kegiatan yang sesuai dengan pengalaman mereka sehari-hari, proses pembelajaran menjadi lebih menarik, (c) Dengan belajar berkelompok dapat terjadi kegiatan diskusi yang bermanfaat, terjadi interaksi sosial, interaksi berpikir antar siswa, antara siswa dengan guru, terjadi kerjasama yang baik antar anggota kelompok dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dalam lembar kerja siswa.

Walaupun pelaksanaan model belajar projek telah dilaksanakan dengan cukup baik, ada beberapa kendala yang dihadapi antara lain: (a) Pengeloaan waktu dalam pembelajaran sulit untuk dilakukan sehingga harus direncanakan dengan baik, (b) Belum terbiasanya siswa dengan kegiatan diskusi dan belajar kelompok menyebabkan kegiatan diskusi kurang berjalan efektif. (c) Membiasakan siswa untuk tidak takut melaporkan hasil diskusi kelompoknya.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan (1) Pembelajaran IPS di sekolah dasar yang dilakukan oleh guru sebaiknya jangan hanya terpaku di dalam kelas tetapi juga dapat dilakukan di luar kelas dengan projek kunjungan. (2) Belajar IPS dapat di desain dengan menggunakan projek agar lebih bermakna bagi siswa karena projek dapat membantu siswa melibatkan seluruh syaraf, fisik dan indera yang di dalamnya termasuk kecakapan sosial dengan melakukan banyak hal sekaligus. (3) Pada pokok bahasan IPS yang menyentuh kehidupan di sekitar siswa sebaiknya dirancang dengan projek karena dengan belajar projek merupakan sarana bagi pengembangan otak secara bersama-sama. (4) Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan model belajar projek disarankan agar guru mengurangi memberikan bantuan yang berlebihan kepada siswa, karena dapat mematikan kreativitas siswa dan dapat membuat siswa malas berpikir sendiri dan, (5) Dari segi pengelolaan waktu dalam model belajar projek, agar memperhitungkan waktu yang digunakan dalam pembelajaran agar semua aktivitas yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik.

Abstract:

Understanding of economic activity for social subject by grade IV pupils of SDN Klodan IV still pertained to lower. Low understanding of the pupils because process of social study applied in SDN Klodan IV still in conventional, that is giving concept, giving examples and also practics problems These are causing pupil tend to memorize the concept and work by procedural. Therefore require to be created a condition of study able to assist the pupil to find by themself the way of finishing problem faced by the pupil of pursuant to experience and reality had. One of approach in social study strarting study by performing project matching with experience and mount the pupil knowledge is study contextual based on project approach.

This research aim to get: (1)Model device learn project to increase the understanding of student about economic activity. (2) Steps of study model device learn project in crease of understanding students about economic activity at grade IV of SDN Klodan IV.(3) Description of learning grade IV pupil result of SDN Klodan IV at economic activity discussion through the study project model.

To reach the the target, hence researcher design a classroom action research of action executed of grade IV pupils SDN Klodan IV, Nganjuk Regency. Research data obtained from early test result, activity perception learn the pupil and activity teach the teacher result, final test pupil, and interview with the pupil result. Of this research in the form of cycle step consisted of four phase, that is: planning, action, observation, and reflection.

This research is executed in 3 (three) cycle. Research finding got at cycle I indicate that in the early study, pupils cannot work in the group to finish their project and difficult to question about product activity, consumption activity and product activity. In cycle II, focus to comprehension improve of study about activity of production, distribution and consumption, pupils can cooperation to finish their project but difficult to question about product activity . Cycle III focus to comprehension improve product activity cooperate between pupils can finish their project.

Model device learn project in this research, (1) preparation, (2) determining topic, (3) plan activity, (4) investigation and presentation, (5) making report, (6) Evaluation. Model learn project in this research is started by grouping pupils, amount of group member is 4-5 pupils, second focus in project by preparing the source of information about economic activity in industry and market of tempe, third, pupils work in group to finish project, fourth, group report result of job/activity, this product is map conception about economic activity and process of tempe, last, student publicize result of its team-work.

Pursuant to research result of cycle I, cycle II, and cycle III of learning economic activity items pupils by using learn project model, show the existence of the make-up of average value from cycle I to cycle hereinafter, (a) Percentage of pupils test increase, that is from 71, becoming 75,75 and becoming 80,25, (b) Percentage of activity efficacy teach the teacher are increase, that is from 72,5%, becoming 76,2%, and becoming 81,6%, (c) Average value of pupil activity increase, that is from 74%, becoming 81%, and becoming 86,6%.

 Pupil show the good respond. Such us: (a) Pupil become more enthusiastic or spirit to following study activity, (b) By conducting activity matching with their experience everyday, study process become more interesting, (c) Learntly team can be happened the worthwhile discussion activity, happened the social interaction, interaction think between pupil, among pupil with the teacher, happened the good cooperation between group member in finishing duties given in spread sheet pupil,

Although study execution with project model have been executed good enoughly, there are some constraint faced, for example: (a), Management of time in study is diffcult to conducted so that have planned better. (b) Pupils are accustomed with the discussion activity yet and learn the group cause the discussion activity effectiveless. (c) Accustoming student not to fear to report result of its group discussion.

Based of this research result, suggested the followings (1) Instruction of social study in elementary school teacher better don't only fetching up all standing in class but also can be outside class with visit project. (2) Design of project model for social study, because using project model can to help pupils entangle all nerve, and physical which including efficiency of social. (3) Instruction of social study about live in pupils around using project model, because project can help represent medium to development of brain by together. (4) Teacher in instruction project model don't to get much of help, because can down pupils creativity and can make lazy pupils think. (5) High light Management of time in instruction project model in order to plan activity can good work.