DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dipadu Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif Biologi dan Retensi Kelas X SMAN 7 Kota Malang

MAKMUR, WARNI.

Abstrak


RINGKASAN

Makmur, Warni. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW)

Dipadu Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan

Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif Biologi dan Retensi Kelas X SMAN 7

Kota Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana

Universitas Negeri Malang.

Pembimbing:

(I ) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima, M.Pd.,

(II) Dr. Abdul Gofur, M.Si.

 

Kata Kunci: TTW, PBL, TTW dipadu PBL, Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif,

Retensi

Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh model pembelajaran TTW,PBL dan perpaduan keduanya (TTW dan PBL) pada keterampilan metakognitif,hasil belajar kognitif dan retensi kelas X SMA Negeri 7 Malang. Menggunakanquasi eksperiment pretest posttest non-equivalent group design. Variabel bebasyaitu model pembelajaran TTW, PBL, dan TTW dipadu PBL. Variabel terikatyaitu keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif dan retensi. Populasipenelitian diambil dari siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Malang padasemester pertama tahun ajaran 2018/2019. Sampel sebanyak 4 kelas. Setiapmodel pembelajaran diwakili oleh satu kelas. Kelas X MIPA 2 sebagai kelaseksperimen PBL berjumlah 34 siswa, kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimenTTW berjumlah 36 siswa, kelas X MIPA 4 kelas eksperimen TTW dipadu PBLberjumlah 35 siswa, dan kelas kontrol (konvensional) X MIPA 6 berjumlah 34siswa. Pengambilan data pada saat pretest, posttest dan tes retensi. Uji hipotesismenggunakan analisis kovarian (anakova) pada taraf signifikansi 0,05 (p < 0,05)dengan data skor pretest, posttest dan retensi. Sebelum uji hipotesis terlebihdahulu dilakukan Uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan ujihomogenitas dengan Levene’s Test of error Variances.Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruhpada keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, dan retensi. Nilai rerataterkoreksi keterampilan metakognitif dengan model TTW dipadu PBL berbedasignifikan dengan model pembelajaran PBL, TTW, dan Konvensional. ModelPBL dan TTW keduanya tidak berbeda signifikan, namun berbeda signifikandengan kelas konvensional. Nilai rerata terkoreksi siswa kelas TTW dipadu PBLpaling besar dalam meningkatkan keterampilan metakognitif siswa sebesar17,26% dibandingkan dengan kelas konvensional, Pencapaian keterampilanmetakognitif kelas konvensional secara signifikan lebih rendah dari kelas TTW,PBL, dan TTW dipadu PBL. Nilai rerata terkoreksi hasil belajar kognitif siswa

kelas TTW dipadu PBL paling besar dalam meningkatkan hasil belajar kognitifsebesar 12,30% dari kelas konvensional. Pencapaian hasil belajar kognitif siswasecara signifikan lebih rendah dari kelas TTW, PBL, dan TTW dipadu PBL. Padaretensi, nilai rerata terkoreksi siswa kelas TTW dipadu PBL paling besar dalammeningkatkan retensi siswa sebesar 3,63% dari kelas konvensional. Pencapaian

retensi siswa kelas konvensional secara signifikan lebih rendah dari kelas TTW,PBL, dan TTW dipadu PBL. Dari temuan penelitian, disarankan untuk penelitiandi masa depan untuk meneliti model penelitian ini pada jenjang yang berbeda.