DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Aksara Jawa untuk Kelas V di SDN Kebonsari 2 Kota Malang

SATRIO AGUNG PRABOWO

Abstrak


Kata Kunci: multimedia interaktif, aksara jawa

Bahasa Jawa merupakan bagian integral dari kebudayaan Indonesia. Bahasa Jawa tumbuh sebagai identitas diri dengan tetap mempertahankan nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Selain itu, dalam bahasa Jawa juga terdapat aksara Jawa yang merupakan aksara asli suku Jawa. Pembelajaran bahasa Jawa di Sekolah Dasar bertujuan untuk meningkatkan lima aspek ketrampilan berbahasa pada siswa, yaitu ketrampilan mendengar, berbicara, membaca, menulis, dan apresiasi sastra. Untuk ketrampilan membaca dan menulis, selain diajarkan membaca dan menulis bahasa Jawa dalam huruf latin, siswa juga diajarkan ketrampilan membaca dan menulis dalam aksara Jawa.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk menghasilkan multimedia interaktif aksara jawa untuk kelas 5 yang  layak dengan memenuhi kriteria valid, praktis, menarik, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model dari Lee & Owens (2004) dengan tahapan yaitu

(1) analisis: analisis kebutuhan dan analisis awal-akhir,

(2) desain,

(3) pengembangan,

(4) implementasi,

(5) eveluasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonsari 2 Kota Malang dengan subjek penelitian terdiri dari ahli materi, ahli media, guru dan siswa kelas 5 SD melalui: tahap validasi, uji coba kelompok sedang, dan uji lapangan.

Hasil penelitian didapatkan bahwa multimedia interaktif sangat valid dengan rata-rata presentase 86,93%, sangat praktis dengan rata-rata presentase 89,83%, sangat menarik dengan rata-rata presentase 88,97%. Multimedia interaktif ini juga sangat efektif, dibuktikan dengan hasil pos tes sbesar 91,66% siswa telah mendapatkan nilai tuntas.

Multimedia interaktif ini disarankan untuk digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi Aksara Jawa pada kelas 5 SD karena materi yang terdapat dalam multimedia sesuai dengan karakteristik siswa kelas 5 SD. Produk Multimedia interaktif ini terbatas pada pembelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa untuk itu disarankan kepada pengembang lainnya untuk dapat membuat produk multimedia interaktif pembelajaran bahasa Jawa pada materi lain contohnya tembang dolanan dan imbuhan pada kata atau materi lain yang sesuai dengan kurikulum bahasa Jawa di sekolah dasar.