DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhPendidikanEkonomiKeluarga, KelompokTemanSebaya, Financial Literacy Dan BudayaSiri’ Terhadap Gaya Hidup Dan PerilakuKonsumtifMahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeri Makassar

Nurhayani . Nurhayani

Abstrak


Kata Kunci:PendidikanEkonomi di LingkunganKeluarga, KelompokTemanSebaya, Financial Literacy, BudayaSiri’, Gaya Hidup, PerilakuKonsumtif

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmengujipengaruh:pendidikanekonomi di lingkungankeluargaterhadapgayahidupmahasiswa. Pengaruhkelompoktemansebayaterhadapgayahidupmahasiswa. Pengaruhfinancial literacyterhadapgayahidupmahasiswa. Pengaruhbudayasiri’terhadapgayahidupmahasiswa. Pengaruhpendidikanekonomi di lingkungankeluargaterhadapperilakukonsumtifmahasiswa. Pengaruhkelompoktemansebayaterhadapperilakukonsumtifmahasiswa. Pengaruhfinancial literacyterhadapperilakukonsumtifmahasiswa. Pengaruhbudayasiri,terhadapperilakukonsumtifmahasiswa. Pengaruhpendidikanekonomi di lingkungankeluargaterhadapperilakukonsumtifmelaluigayahidupmahasiswa. Pengaruhkelompoktemansebayaterhadapperilakukonsumtifmelaluigayahidupmahasiswa. Pengaruhfinancial literacyterhadapperilakukonsumtifmelaluigayahidupmahasiswa. Pengaruhbudayasiri’terhadapperilakukonsumtifmelaluigayahidupmahasiswa. PengaruhgayahidupterhadapperilakukonsumtifmahasiswapadamahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeri Makassar.

Penelitianinidirancangdenganmenggunakanpendekatankuantitatif yang menggunakanteknikpath analysis. PopulasidaripenelitianiniadalahseluruhmahasiswaFakultasEkonomiUniversitasNegeri Makassar yang telahmelulusimatakuliahumumsebanyak 541 mahasiswa. Sampelpenelitianiniberjumlah 230 mahasiswadenganmenggunakanproportional random sampling. Pengumpulan data dalampenelitianinimenggunakananalisis SEM (Structural Equation Modelling).

Berdasarkanhasilpenelitian yang telahdilakukan, diketahuibahwa: 

(1)Pendidikanekonomi di lingkungankeluargaberpengaruhtidaksignifikanterhadapgayahidupmahasiswa.

(2)Kelompoktemansebayaberpengaruhtidaksignifikanterhadapgayahidupmahasiswa.

(3)Financial lietarcyberpengaruhsignifikanterhadapgayahidupmahasiswa.

(4)Budayasiri’ berpengaruhtidaksignifikanterhadapgayahidupmahasiswa.

(5)Pendidikanekonomi di lingkungankeluargaberpengaruhsignifikanterhadapperilakukonsumtifmahasiswa.

(6)Kelompoktemansebayaberpengaruhsignifikanterhadapperilakukonsumtifmahasiswa.

(7)Financial lietarcyberpengaruhtidaksignifikanterhadapperilakukonsumtifmahasiswa.

(8)Budayasiri’ berpengaruhsignifikanterhadapgayahidupmahasiswa.

(9)Pendidikanekonomi di lingkungankeluargaberpengaruhtidaksignifikanterhadapperilakukonsumtifmelaluigayahidupmahasia.

(10)Kelompoktemansebayaberpengaruhtidaksignifikanterhadapperilakukonsumtifmelaluigayahidupmahasiswa.

(11)Financial literacyberpengaruhtidaksignifikanterhadapperilakukonsumtifmelaluigayahidupmahasiswa.

(12)Budayasiri’berpengaruhtidaksignifikanterhadapperilakukonsumtifmelaluigayahidupmahasiswa.

 

(13) Gaya hidupberpengaruhtidaksignifikanterhadapperilakukonsumtifmahasiswa.