DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Web Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep pada Fluida Statis

ZELIN NORMA RESTY

Abstrak


Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu tuntutan bagi siswa di saat ini dan masa mendatang. Pembelajaran fisika yang dilakukan saat ini masih banyak menekankan pada penyampaian teoritis dan sedikit yang diimbangi penyelidikan atau praktikum. Pada materi fluida statis, siswa masih mengalami beberapa kesalahan dan pemahaman yang kurang bermakna. Hal tersebut menyebabkan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa tidak utuh. Penguasaan konsep merupakan dasar dari kerangka berpikir. Pembelajaran untuk memperbaiki kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep salah satunya dengan model discovery learning. Discovery learning melibatkan penemuan dengan pengalaman langsung yang dapat membantu siswa memahami fluida statis. Tuntutan pembelajaran saat ini juga disarankan untuk melibatkan teknologi. Salah satu pengembangan teknologi web dalam pembelajaran adalah Schoology yang menyediakan akun gratis dan berbagai kemudahan bagi penggunanya. Discovery learning dengan berbantuan web merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memperbaiki kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis. Penelitian ini bertujuan menguji dan menjelaskan perbedaan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan discovery learning berbantuan web dan siswa yang belajar dengan discovery learning.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu yang dilengkapi penjelasan deskriptif. Rancangan eksperimental semu dilakukan untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan web terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi fluida statis, sedangkan penjelsan deskriptif digunakan untuk memaparkan pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran discovery learning berbantuan web dengan Schoology melibatkan pembelajaran tatap muka dan online. Hasil validasi RPP dan isi pembelajaran web-Schoology diperoleh sebesar 3,39 dan 3,69 dengan kriteria valid. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Singosari tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian berupa kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa yang diukur dengan menggunakan instrumen tes yang meliputi: (1) tes kemampuan berpikir kritis dengan tujuh indikator berpikir kritis dan (2) tes penguasaan konsep dengan empat indikator (C3-C6). Hasil validasi isi oleh dua validator pada kedua jenis instrumen tersebut diperoleh sebesar 3,48 dengan kriteria layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji coba instrumen diperoleh reliabilitas soal-soal tes: (1) kemampuan berpikir kritis sebesar 0,51 dan (2) penguasaan konsep sebesar 0,59. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan dengan uji statistik menggunakan MANOVA satu-jalur.

 

Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan discovery learning berbantuan web dan siswa yang belajar dengan discovery learning. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh kontribusi penguasaan konsep yang lebih besar dari pada kemampuan berpikir kritis. Rata-rata kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan discovery learning berbantuan web lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan discovery learning. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran discovery learning berbantuan web dengan Schoology membantu siswa dalam memahami fluida statis terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep.