DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Penguasaan Substansi Mata Pelajaran Produktif terhadap Employability Skill pada Kompetensi Tenaga Terampil Tingkat 2 Industri Jasa Konstruksi 4.0 Siswa SMK Desain Permodelan dan Informasi Bangunan

NURFAJAR., AA.

Abstrak


 

RINGKASAN

Nurfajar., AA. 2017. Kontribusi Penguasaan Substansi Mata Pelajaran Produktif

terhadap Employability Skill pada Kompetensi Tenaga Terampil Tingkat 2

Industri Jasa Konstruksi 4.0 Siswa SMK Desain Permodelan dan Informasi

Bangunan. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan, Fakultas

Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

 

Pembimbing:

(I) Dr AhmadDardiri., M.Pd.

(II) Dr. Tri Kuncoro., M.Pd

 

Kata Kunci: Mata Pelajaran Produktif, Employability Skill, Kompetensi Tenaga

Terampil Tingkat 2, Industri Jasa Konstruksi 4.0

Kurikulum 2013 revisi merupakan salah satu kiat yang dirancang untuk

meningkatkan kompetensi lulusan kerja siswa SMK dengan kompetensi yang

lebih baik dan spesifik kebutuhan industri dibandingkan kurikulum sebelumnya.

Adanya perubahan yang cukup signifikan pada formasi jumlah mata pelajaran

produktif C3 tersebut menyebabkan proses pembelajaran mengalami banyak

kendala, sehingga dikhawatirkan kurang maksimalnya pencapaian KI KD yang

ada. Pencapaian KI dan KD mata pelajaran produktif akan berimbas pada

pembentukan employability skill serta pembetukan kompetensi lulusan sebagai

tenga kerja terampil tingkat 2 industri jasa konstruksi pada era industri 4.0.

Peneliti berharap penelitian ini bisa menjadi kajian dalam hal implementasi

pembelajaran mata pelajaran C3 sehingga mampu menghasilkan lulusan dengan

kompetensi sebagai tenga kerja terampil tingkat 2 industri jasa konstruksi pada era

industri 4.0.

Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel

dalam penelitian ini adalah Penguasaan Substansi Mata Pelajaran Produktif (X)

sebagai variable eksogen dijabarkan menjadi:

(1) aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung (X1);

(2) konstruksi jalan dan jembatan (X2);

(3).estimasi biaya konstruksi (X3); serta

(4) konstruksi dan utilitas gedung (X4).

Variabel endogen-nya adalah employability skill (Y), serta kompetensi tenaga

terampil tingkat 2 jasa konstruksi 4.0 (Z). Populasi penelitian ini adalah siswa

pada 52 SMK dengan Program Keahlian “Desain Permodelan dan Informasi

Bangunan” se Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan

menggunakan kuesioner atau angket.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa:

(1) penguasaan substansi

mata pelajaran produktif secara parsial memiliki kontribusi yang signifikan

terhadap employablity skill kecuali mata pelajaran estimasi biaya konstruksi;

(2).employablity skill berkontribusi secara signifikan terhadap kompetensi tenaga

kerja terampil tingkat 2 industri jasa konstruksi 4.0; serta

(3) penguasaan substansi mata pelajaran produktif secara simultan memiliki kontribusi yang signifikanterhadap kompetensi tenaga kerja terampil tingkat 2 industri jasa konstruksi 4.0.