DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kontribusi Penguasaan Substansi Mata Pelajaran Produktif terhadap Employability Skill pada Kompetensi Tenaga Terampil Tingkat 2 Industri Jasa Konstruksi 4.0 Siswa SMK Desain Permodelan dan Informasi Bangunan

AHMAD ANDI NURFAJAR

Abstrak


Kurikulum 2013 revisi merupakan salah satu kiat yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi lulusan kerja siswa SMK dengan kompetensi yang lebih baik dan spesifik kebutuhan industri dibandingkan kurikulum sebelumnya. Adanya perubahan yang cukup signifikan pada formasi jumlah mata pelajaran produktif C3 tersebut menyebabkan proses pembelajaran mengalami banyak kendala, sehingga dikhawatirkan kurang maksimalnya pencapaian KI KD yang ada. Pencapaian KI dan KD mata pelajaran produktif akan berimbas pada pembentukan employability skill serta pembetukan kompetensi lulusan sebagai tenga kerja terampil tingkat 2 industri jasa konstruksi pada era industri 4.0. Peneliti   berharap   penelitian   ini   bisa menjadi kajian dalam hal implementasi pembelajaran mata pelajaran C3 sehingga mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi sebagai tenga kerja terampil tingkat 2 industri jasa konstruksi pada era industri 4.0.

Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah Penguasaan Substansi Mata Pelajaran Produktif (X) sebagai variable eksogen dijabarkan menjadi:

(1) aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung (X1);

(2) konstruksi jalan dan jembatan (X2);

(3) estimasi biaya konstruksi (X3); serta

(4) konstruksi dan utilitas gedung (X4). Variabel endogen-nya adalah employability skill (Y), serta kompetensi tenaga terampil tingkat 2 jasa konstruksi 4.0 (Z). Populasi penelitian ini adalah siswa pada 52 SMK dengan Program Keahlian “Desain Permodelan dan Informasi Bangunan” se Jawa Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan kuesioner atau angket.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa:

(1) penguasaan substansi mata pelajaran produktif secara parsial memiliki kontribusi yang signifikan terhadap employablity skill kecuali mata pelajaran estimasi biaya konstruksi;

(2) employablity skill berkontribusi secara signifikan terhadap kompetensi tenaga kerja terampil tingkat 2 industri jasa konstruksi 4.0; serta

(3) penguasaan substansi mata pelajaran produktif secara simultan memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kompetensi tenaga kerja terampil tingkat 2 industri jasa konstruksi 4.0.