DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Efikasi Diri terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa SDN Tegalasri 4 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar

Larasati, Gendis Aprilia.

Abstrak


ABSTRAK

Larasati, Gendis Aprilia, 2019, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Efikasi Diri

terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa SDN Tegalasri 4 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar.

Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.

Pembimbing

(1) Prof. Dr. Wahjoedi, M.E.,M.Pd,

(2) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si.

 

Kata Kunci: pola asuh orang tua, efikasi diri, motivasi belajar

Pola asuh orang tua dan efikasi diri ialah hal penting untuk pendidikan anak. Jika

komunikasi yang baik bisa terjalin diantara orang tua bersama anak, dengan begitu mendatangkan

efek positif untuk perkembangan jiwa anak sehingga dalam dunia pendidikan, anak akan menjadi

termotivasi agar lebih rajin belajar. Selain itu jika anak memiliki efikasi diri tinggi lebih

mempunyai motivasi belajar tinggi pula.. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui

(1) apakah ada pengaruh pola asuh otoriter terhadap motivasi belajar IPS siswa di SDN Tegalasri 4

Wlingi Blitar,

(2) apakah ada pengaruh efikasi diri terhadap motivasi belajar IPS siswa di SDN

Tegalasri 4 Wlingi Blitar, dan

(3) apakah pola asuh otoriter dan efikasi diri bersama-sama

mempengaruhi motivasi belajar IPS siswa di SDN Tegalasri 4 Wlingi Blitar.

Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif ex post facto dan survey. Semua

siswa kelas 4,5 dan 6 SDN Tegalasri 4 merupakan populasi penelitian ini. Sampel penelitian terdiri

dari 45 siswa. Pengumpulan data hasil pola asuh orang tua dan efikasi diri dilakukan dengan

menyebar kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda dengan

berbantuan program software statistical package for social science (SPSS) versi 24.0 for windows.

Ditunjukkan dari hasil penelitian:

(1) tidak terdapat pengaruh positif signifikan pola asuh

otoriter terhadap motivasi belajar IPS siswa di SDN Tegalasi 4 Wlingi Blitar dengan sig 0,672, p >

0,05,

(2) terdapat pengaruh positif signifikan efikasi diri terhadap motivasi belajar IPS siswa di

SDN Tegalasri 4 Wlingi Blitar dengan sig 0,002, p < 0,05, dan

(3) pola asuh otoriter dan efikasi

diri secara bersama-sama memberi pengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar IPS siswa

di SDN Tegalasri 4 Wlingi Blitar dengan sig 0,002, p < 0,05

Saran yang diberikan adalah

(1) guru seyogyanya menjalin kerjasama dengan orang tua

siswa untuk memotivasi siswa dalam belajar,

(2) orang tua seyogyanya menggunakan pola asuh

yang sesuai terhadap anak, dan

(3) peneliti selanjutnya baiknya menghubungkan dengan variabel

lain dan dengan lokasi yang berbeda sehingga penelitian ini bisa semakin berkembang.