DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Gerak Harmonis Sederhana.

beatrix . likumahwa

Abstrak


Kata Kunci: Pembelajaran Problem Solving, Penguasaan Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah, Gerak Harmonis Sederhana.

Penguasaankonsepdankemampuanpemecahanmasalahmerupakanaspekpentingdalampembelajaranfisika.Siswaperlumemahamikonsepmendalamdanbenarsaatmemecahkanmasalah.Pembelajaranproblem solving,membimbingsiswauntukmengidentifikasiprinsip yang tepat ,menjustifikasiprinsiptersebut, danmerencanakanprosedursaatmemecahkanmasalah. Tujuanpenelitianadalahuntukmengetahuiefekpembelajaranproblem solvingterhadappenguasaankonsepdankemampuanpemecahanmasalahsiswasertauntukmengetahuikesulitan yang masihdialamisiswasetelahimplementasipembelajaranproblem solving.

PenelitianinimenggunakanmetodeEmbedded Research Design.Adapunsubjekpenelitiansebanyak 35 siswaKelasX SMA Negeri 8 Malang.Instrumen yang digunakanadalahperangkatpembelajaran yang terdiridari RPP, LKS, sedangkan instrument pengukuran yang digunakanadalah 6 soalpilihangandauntukmengukurpenguasaankonsepdan 2 soaluraianuntukmengukurkemampuanpemecahanmasalahsiswa, sertalembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran. Analisis data menggunakanujiberpasangan(paired t-test)untukmengetahuiperbedaanskorsiswasebelumdansetelahpembelajaran, menghitungnilai gain untukmengetahuipeningkatanskorsiswa, danmenghitungd-effect sizeuntukmengetahuiseberapabesarefekpembelajaranterhadapkenaikanskorsiswa.

Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanpenguasaankonsepsiswasebelumdansetelahimplementasipembelajaranproblem solvingdengannilaisignifikansiuji t sebesar 0,00 < 0,05 dengannilai gain sebesar 0,60 padakategorisedangsertanilaid-effect sizesebesar 1,13 padakategorikuat. Demikian pula kemampuanpemecahanmasalahsiswamengalamipeningkatansetelahdilakukanpembelajaranproblem solving. Hal iniditunjukkandengannilaisignifikansiujiwilcoxonsebesar 0,00 < 0,05 dengannilai gain sebesar 0,605 yang termasukkategorisedangsertanilai d-effect size sebesar 5,57 berada padakategorikuat.