DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Asesmen Autentik Jurnal Belajar dan Portofolio terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif, Sikap, dan Psikomotor Mahasiswa pada Perkuliahan Fisiologi Manusia.

Tibrani, Masagus Mhd.

Abstrak


ABSTRAK

Tibrani, Masagus Mhd. 2019. Pengaruh Asesmen Autentik Jurnal Belajar dan Portofolio terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif, Sikap, dan Psikomotor Mahasiswa pada Perkuliahan Fisiologi Manusia. Disertasi, Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Aloysius Duran Corebima, M. Pd., (II) Prof. Dr. Hj. Siti Zubaidah, M.Pd., (III) Dr. Abdul Ghofur, M.Si.

Kata Kunci: Asesmen autentik, Jurnal belajar, Portofolio, Keterampilan metakognitif, Hasil belajar kognitif, Sikap, Psikomotor.

Kehidupan di abad XXI membutuhkan pengembangan keterampilan metakognitif dalam rangka menghadapi kemajuan teknologi dan komunikasi. Pemberdayaan keterampilan metakognitif ini dapat dilakukan melalui pendidikan sehingga peserta didik memiliki kompetensi yang dituju seperti hasil belajar kognitif, mampu bersikap, dan terampil secara motorik (psikomotor). Perkuliahan Fisiologi Manusia pada program studi pendidikan biologi umumnya belum memberdayakan keterampilan metakognitif sehingga berpengaruh juga pada hasil belajarnya. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik diperlukan dalam rangka memperbaikinya. Asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio sebagai assessment for learning dapat membantu peserta didik mengembangkan potensinya. Dalam penerapannya jurnal belajar dan portofolio  memerlukan model pembelajaran yang konstruktivik seperti pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Penerapan asesmen autentik dengan model PjBL dapat lebih bermakna jika dilakukan pada pembelajaran yang berbasis potensi lokal sebagai sumber belajar kontekstual. Penerapan asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio merupakan penilaian untuk pembelajaran konstruktivik dan kontekstual yang berpotensi dalam memberdayakan keterampilan metakognitif dan hasil belajar peserta didik.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio  terhadap keterampilan metakognitif dan hasil belajar (kognitif, sikap, dan psikomotor) mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen, yaitu pretest-posttest nonequivalent control group design dengan sampel sebanyak 80 mahasiswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio dan asesmen autentik tanpa jurnal belajar dan portofolio. Variabel bebas ini dilaksanakan dalam pembelajaran berbasis proyek potensi lokal. Variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, hasil belajar sikap, dan hasil belajar psikomotor mahasiswa. Pengumpulan data keterampilan metakognitif dilakukan dengan tes keterampilan metakognitif terintegrasi dengan tes essay untuk hasil belajar kognitif. Pengumpulan data hasil belajar sikap dilakukan melalui angket penelusuran sikap dengan multi pilihan pernyataan terkait materi perkuliahan. Pengumpulan data hasil belajar psikomotor dilakukan dengan lembar observasi kinerja dan penilaian laporan tugas proyek mahasiswa. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan anakova.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa

(1) Asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio yang diterapkan berpengaruh signifikan terhadap perubahan keterampilan metakognitif mahasiswa. Penerapan asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio lebih mampu memperbaiki keterampilan metakognitif mahasiswa sebesar 42,99%.

(2) Penerapan asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio memiliki pengaruh signifikan terhadap perubahan hasil belajar kognitif mahasiswa. Penerapan asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio lebih mampu memperbaiki hasil belajar kognitif mahasiswa sebesar 43,89%.

(3) Asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio memiliki pengaruh signifikan terhadap perubahan hasil belajar sikap mahasiswa. Penerapan asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio lebih mampu memperbaiki hasil belajar sikap mahasiswa sebesar 12,45%.

(4) Penggunaan asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio berpengaruh signifikan terhadap perubahan hasil belajar psikomotor mahasiswa. Penerapan asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio lebih mampu memperbaiki hasil belajar psikomotor mahasiswa sebesar 10,57%.

Temuan-temuan penting dalam penelitian ini adalah

(1) Asesmen Autentik jurnal belajar dan portofolio merupakan proses penilaian untuk pembelajaran yang konstruktivistik dan kontekstual.

(2) Penerapan asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio berpotensi dalam memberdayakan keterampilan metakognitif, hasil belajar kognitif, hasil belajar sikap, dan hasil belajar psikomotor.

(3) Perangkat pembelajaran terutama pedoman tugas autentik yang disesuaikan dengan asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio cukup efektif untuk mengarahkan mahasiswa menjadi lebih aktif dalam memikirkan, merancang, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi pembelajarannya dan membuat pembelajaran mereka menjadi lebih bermakna.

Berdasarkan hasil, pembahasan, dan kesimpulan dalam penelitian ini dapat disarankan

(1) penerapan asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio dapat digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran pada perkuliahan lainnya untuk memperbaiki keterampilan metakognitif dan hasil belajar mahasiswa.

(2) terkait dengan penerapan asesmen autentik jurnal belajar dan portofolio diharapkan pendidik berusaha memperhatikan efisiensi waktu agar pebelajar tidak merasa terbebani,

(3) bagi stakeholder, dapat mempertimbangkan dan menetapkan pengukuran terhadap keterampilan metakognitif sebagai kompetensi selain dari pengukuran nilai hasil belajar lainnya.