DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Fan N Pick dan Inside Outside Circle untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri Banyuajuh 2 Kamal

AGRIA GOLDA VEGETARI

Abstrak


RINGKASAN

Agria,2019. Penerapan Model Fan N Pick dan Inside Outside Circle untuk

Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas

V SD Negeri Banyuajuh 2 Kamal. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar

Guru Kelas. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing

(1)Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D

(2) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed.,M.Si

Kata Kunci : Fan N Pick, Inside Outside Circle, Keterampilan Sosial, Hasil

Belajar

Berdasarkan hasil observasi awal pada kelas V SD Negeri Banyuajuh 2

Kamal, ditemukan beberapa pemasalahan dalam pembelajaran, yaitu :

pembelajaran berpusat pada guru, keterampilan sosial peserta didik dan hasil

belajar rendah. Salah satu cara yang dapat menjadi alternatif untuk mengatasi

permasalahan tersebut yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk

saling bertukar informasi dengan bekerjasama dalam sebuah kelompok.

Pembelajaran lebih terpusat kepada peserta didik sehingga baik keterampilan

sosial dan hasil belajar peserta didik kelas V dapat meningkat.

Tujuan dari penelitian in yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model

pembelajaran Fan N Pick dan Inside Outside Circle, (2) meningkatkan

keterampilan sosial peserta didik melalui model pembelajaran Fan N Pick dan

Inside Outside Circle,(3) meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model

pembelajaran Fan N Pick dan Inside Outside Circle. Penelitian ini dilaksanakan di

SD Negeri Banyuajuh 2 Kamal dengan subjek penelitian peserta didik kelas V

yang berjumlah 20. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang

terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,

pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara,

observasi, angket, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Fan N Pick dan

Inside Outside Circle dapat meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar

peserta didik kelas V SD Negeri Banyuajuh 2 Kamal. Hal ini terbukti dari hasil

observasi keterampilan sosial peserta didik selama dua siklus. Hasil peningkatan

keterampilan sosial meningkat pada lima aspek yaitu kerjasama, ketegasan,

empati, tanggung jawab dan pengendalian diri. Dari hasil observasi keterampilan

sosial peserta didik yang telah diisi oleh kedua observer pada lembar observasi

yang telah disediakan memperoleh data yaitu pada siklus I memperoleh hasil

sebesar 74.2% yang menunjukkan kriteria baik. Sedangkan pada siklus II

memperoleh hasil sebesar 81.8% dengan kriteria sangat baik. Hal ini dapat dilihat

dari perubahan peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung yaitu

peserta didik aktif bertanya,peserta didik menunjukkan rasa empati yang sangat

baik kepada teman yang tidak bisa menjawab, memberikan respon yang baik

tehadap jawaban dari peserta didik lain, dan komunikasi yang terjalin baik antara

peserta didik dengan teman dan peserta didik dengan guru. Penilaian hasil belajar

peserta didik pun meningkat dalam konten mata pelajaran IPA dan IPS. Hal ini vi

dapat terlihat dari hasil belajar IPA siklus I peserta didik memperoleh 55% atau

sebanyak 11 peserta didik yang mencapai KKM dan mengalami peningkatan ada

siklus II yaitu sebesar 90% atau sebanyak 18 dari 20 pesertaa didik memiliki nilai

≥75. Hal ini juga terlihat pada hasil belajar IPS siklus I peserta didik memperoleh

45% atau sebanyak 9 peserta didik yang mencapai KKM dan mengalami

peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 90% atau sebanyak 17 dari 20 peserta

didik yang memiliki nilai ≥75. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan

penerapan model Fan N Pick dan Inside Outside Circle terbukti dapat

meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dalam konten mata pelajaran IPA

maupun IPS kelas V SD Negeri Banyuajuh 2 Kamal.

Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka peneliti memberikan

beberapa saran yaitu: (1) Model Fan N Pick dan Inside Outside Circle dapat

diterapkan oleh guru sebagai alternatif dalam meningkatkan keterampilan sosial

peserta didik dan hasil belajar, (2) pemilihan model pembelajaran juga harus

disesuaikan dengan materi pembelajaran, alokasi waktu yang ditetapkan, jumlah

peserta didik dan penggunaan ruang kelas atau pembelajaran di luar kelas (3)Guru

dapat membimbing peserta didik yang terlihat kebingungan dengan sintaks model

yaitu dengan memberikan bimbingan lebih kepada peserta didik, (4) alokasi

waktu pada saat proses pembelajaran berlangsung lebih baik jika disesuaikan

dengan alokasi yang ada di RPP.