DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar kognitif dan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa

Umaternate, Andi

Abstrak


ABSTRAK

Umaternate, Andi. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil

Belajar kognitif dan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Tesis. Jurusan Pendidikan

Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr.

Sugeng Utaya, M. Si (2) Syamsul Bachri S. Si. M. Sc,. Ph. D.

 

Kata Kunci: Project Based Learning Hasil Belajar kognitif Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa.

Hasil belajar mahasiswa pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, secara garis

besar dapat dikelompokkan dalam dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Salah satu faktor

internal yang mempengaruhi hasil belajar adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh

dosen. Penulisan karya tulis ilmiah oleh mahasiswa dalam pelaporan hasil dari tugas sangat

diperlukan. Karya tulis ilmiah yang dibuat merupakan hasil dari proyek yang mereka kerjakan.

Hasil Belajar geografi dan kemampuan menulis karya tulis ilmiah menjadi sangat penting untuk

diaplikasikan dalam pendidikan geografi. Tujuan penelitian ini agar mahasiswa dapat

meningkatkan nilai hasil belajar, dan mahasiswa mampu menuangkan ide serta gagasan dalam

bentuk tulisan yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain.

Penelitian ini dilakukan di Universitas Khairun Ternate pada Program Studi Pendidikan

Geografi dengan tujuan 1) pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil

belajar kognitif mahasiswa, 2) pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap

penulisan karya tulis ilmiah mahasiswa Universitas Khairun Ternate. Metode penelitian ini

adalah eksperimen yang tergolong dalam eksperimen semu (quasi experimen). Subjek penelitian

adalah mahasiswa geografi semester lima. Teknik pengumpulan data melalui observasi,

dokumentasi dan tes essay hasil belajar kognitif dan rubrik penilaian kemampuan menulis karya

tulis ilmiah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran Project Based Learning

berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dan

nilai rata-rata kelas eksperimen dengan nilai 42.12, sedangkan pada kelas kontrol dengan nilai

32.61. 2) model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan

menulis karya tulis ilmiah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dan nilai rata-rata kelas

eksperimen dengan nilai 39.09, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai 29.04. Dapat

dikatakan bahwa dengan menggunakan model PjBL, dapat menambah pengetahuan baru dalam

kegiatan pembelajaran di kelas maupun diluar kelas.

Saran PjBL merupakan salah satu solusi untuk mendukung peningkatan hasil belajar

mahasiswa geografi dan kemampuan penulisan karya tulis ilmiah, sehingga disarankan kepada

para dosen geografi sebaiknya dapat menerapkan model Project Based Learning sebagai salah

satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemampuan penulisan karya tulis

ilmiah.

ABSTRACT

 

Umaternate, Andi. 2019. Effect of Project Based Learning Learning Model on Cognitive

Learning Outcomes and Writing of Student Scientific Work. Thesis. Department of

Geography Education, Postgraduate Program, Malang State University. Advisor (1)

Prof.Dr. Sugeng Utaya, M.Sc. (2) Syamsul Bachri S. Si. M.Sc ,. Ph. D.

 

Keywords: Project Based Learning on Cognitive Learning Results and Writing of Student

Scientific Work.

Student learning outcomes are basically influenced by (both internal and external factors.)

One of the internal factors (influencing) learning outcomes is the learning model (nama learning

modelnya) applied by the lecturer (name of the lecturer). Writing scientific papers by students in

reporting the results of assignments is very necessary. (The) scientific papers (the output) of the

projects they are working on.

Geography study and (the skill of writing scientific papers) are very important to be

applied in geography education. (By having the knowledge and skill), (the) students can improve

their final achievement (which is the outcome of the learning progress). (Also, by doing the

writing scientific papers, it gives an opportunity to the students to express their ideas which may

inspire other people to broad or use the ideas in future)

This research was conducted at (the Geography Education Study Program of the University

of Khairun Ternate.) ( This study aims to know whether there is an effect of a learning model of

the Project Based Learning on students’ cognitive learning outcomes and writing scientific

papers at the University of Khairun Ternate.) (The type of this research). The subjects are

(geography students of Khairun Ternate University in the fifth semester). The techniques of

collecting data (are) through observation, documentation and essay (which are used to assess the

students’ cognitive learning outcomes) and the assessment rubric (which is used to assess

students’s skill of writing scientif papers).

The results of the study show that ( firstly, the model of Project Based Learning increased

the cognitive learning outcomes of the students supported by the hypothesis testing and the

higher score achieved by the students in the experimental class compared to those in the control

class.) (Secondly, this learning model also affected the skill of writing scientific papers of the

students in the experimental class in which they gained the higher score of the assessment

compared to those in the control class and this result was supported by the hypothesis testing.)

In a nutshell, the project based learning model is effective to use in learning process to improve

students’ cognitive learning outcomes as well as increase their skill of writing scientific papers or

scientific reports. Therefore, I highly recommend geography lecturers to use the learning model

 

of project based learning in their class.