DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Full Day School dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang

SEPTIANA, NOVI.

Abstrak


RINGKASAN

Septiana, Novi. 2019. Pengaruh Full Day School dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd, M.M.

Kata Kunci : full day school, gaya belajar siswa, hasil belajar siswa

Pendidikan mempunyai peranan penting dalam keseluruhan aspek kehidupan manusia terutama dalam meningkatkan kecerdasan dan keterampilan. Pendidikan di Indonesia belum menunjukkan perkembangan yang signifikan terutama di sekolah. Hal ini dipengaruhi oleh hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Hasil belajar merupakan ukuran keberhasilan yang dicapai peserta didik dalam proses pembelajaran. Untuk menciptakan peserta didik yang berkualitas diperlukan usaha yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya penerapan full day school di sekolah, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi full day school, gaya belajar siswa, dan hasil belajar; (2) pengaruh full day school terhadap hasil belajar; (3) pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah full day school (X1), gaya belajar siswa (X2) sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X bidang keahlian OTKP SMK Muhammadiyah 3 Singosari yang berjumlah 80 peserta didik dengan sampel yang digunakan sebanyak 67 peserta didik. Pengambilan sampel ini menggunakan sampel proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) full day school dalam klasifikasi baik; (2) gaya belajar yang digunakan oleh peserta didik yaitu gaya belajar visual yaitu sebanyak 27 siswa, gaya belajar auditorial sebanyak 6 siswa serta gaya belajar kinestetik sebanyak 34 siswa; (3) hasil belajar peserta didik menunjukkan klasifikasi baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara full day school terhadap hasil belajar; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa terhadap hasil belajar.

 

Peneliti menyarankan; (1) bagi kepala sekolah diharapkan memberikan sarana dan prasarana yang lebih lengkap di lingkungan sekolah yang mampu memudahkan siswa dalam belajar sehingga meningkatkan hasil belajar siswa; (2) bagi guru diharapkan mampu menjalin hubungan yang baik dengan peserta didik, baik di dalam kelas maupun di luar sekolah. Hubungan yang terjalin dengan baik antara guru dengan peserta didik diharapkan dapat memberikan dampak ketika proses pembelajaran di kelas, sehingga guru mampu dengan mudah mengetahui gaya belajar yang dimiliki oleh masing – masing siswa yang dapat memudahkan guru dalam menentukan model pembelajaran; (3) bagi peserta didik sebaiknya lebih memanfaatkan waktu luang mereka untuk mengulangi pelajaran yang disampaikan oleh guru bukan hanya saat akan menghadapi ujian saja. Hal ini dapat dilakukan agar mampu meningkatkan hasil belajarnya; (4) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya untuk meneliti faktor intern maupun faktor ekstern yang mempunyai pengaruh lebih besar terhadap hasil belajar siswa selain dari full day school dan gaya belajar siswa yang digunakan dalam penelitian ini.