DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Implikatur Percakapan dalam Wacana Iklan Bsnis E-commerce

Prastio Bambang

Abstrak


ABSTRAK

Prastio, Bambang. 2019. Implikatur Percakapan dalam Wacana Iklan Bsnis Ecommerce. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana

Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I) Prof. Dr. Abd. Syukur Ibrahim,

(II) Dr. Gatut Susanto, M.M., M.Pd.

Kata kunci: implikatur percakapan, iklan, e-commerce.

Penelitian ini mengkaji implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis ecommerce. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan wujud verbal

implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce, (2) mendeskripsikan

fungsi wujud verbal dalam wacana iklan bisnis e-commerce, (3) mendeskripsikan

strategi penyampaian wujud verbal dan fungsi wujud verbal dalam wacana iklan

bisnis e-commerce.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian

deskriptif. Data dalam penelitian berupa tuturan yang mengandung implikatur

percakapan yang diunduh melalui youtube. Kemudian, data ditranskrip dalam

bentuk tulisan beserta konteksnya, dilihat dari wujud verbal, fungsi wujud verbal,

dan strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal. Peneliti dipandu

pedoman instrumen pengambilan data dan pedoman instrumen analisis data untuk

menjaga keabsahan data. Sumber data data dalam penelitian diproleh dari tuturan

yang terdapat dalam wacana iklan bisnis e-commerce.

Hasil penelitian ini menemukan empat puluh lima data yang terdiri dari tiga

subfokus yang unity.

Pertama, wujud verbal dalam wacana iklan bisnis memiliki

tiga wujud dengan pola tertentu

(1) wujud verbal deklaratif ditemukan dua puluh

enam data yang terdiri dari pola pertentangan, penjelasan, dan sebab,

(2) wujud verbal interogatif ditemukan ada enam belas data yang terdiri dari pola pemberian

dua alternatif jawaban, menggunakan konjungsi tetapi, menanyakan keberadaan,

dan alasan, dan

(3) wujud verbal imperatif ditemukan tiga data yang masing-masing

terdiri dari pola keterangan sebab, tuturan berkarakter, dan aktivitas.

Kedua, fungsi

wujud verbal deklaratif, interogatif, dan imperatif ditemukan dalam penelittian ini

yang memiliki pola

(1) fungsi wujud verbal deklaratif yang terdiri dari dua puluh

enam data dan berpola mengajak, menyuruh, meminta, menolak, melarang, dan

menginformasikan fakta,

(2) fungsi wujud verbal interogatif yang terdiri dari enam

belas data dan berpola menyuruh, meminta, melarang, menolak, dan menyarankan,

dan

(3) fungsi wujud verbal imperatif yang terdiri dari tiga data dan berpola

menyuruh dan menolak.

Ketiga, strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud

verbal deklaratif, interogatif, dan imperatif ditemukan dalam penelitian ini yang

terdiri dari

(1) strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal deklaratif ada

dua puluh enam data yang terdiri dari pola mengubah raut wajah, menyampaikan

kondisi, menyampaikan keunggulan, menyampaikan alasan, membuat janji, dan

mengeluh,

(2) strategi penyampaian wujud dan fungsi wujud verbal interogatif ada

enam belas data yang terdiri dari pola meminta konfirmasi, bertanya berulangulang, mengajak berpikir,dan menanyakan barang,

(3) strategi penyampaian wujud

dan fungsi wujud verbal imperatif ada tiga data yang terdiri dari pola

menyampaikan resiko, menyampaikan masukan, dan menyampaikan janji.

Implikatur percakapan dalam wacana iklan bisnis e-commerce bersifat persuasif

 

atau mempengaruhi lawan bicara agar tertarik untuk menggunakan jasa mereka.