DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Bersama Universitas Negeri Malang.

Rina Cahyanti

Abstrak


Besarnya angka kecelakaan kerja pada bidang konstruksi menuntut perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi untuk membuat regulasi guna mengecilkan angka kecelakaan kerja tersebut.Mengingat begitu kompleksnya proyek pembangunan gedung kuliah bersama Universitas Negeri Malang, PT. Pembangunan Perumahan (PP) sebagai perusahaan jasa pelaksana konstruksi proyek tersebut tentu telah memperhitungkan risiko kecelakaan kerja yang mungkin muncul dalam perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui identifikasi risiko kecelakaan kerja. (2) melakukan penilaian risiko kecelakaan kerja. (3) melakukan pengendalian risiko kecelakaan kerja. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner.

Metode yang digunakan untuk mengetahui identifikasi risiko kecalakaan kerja adalah wawancara terbuka dengan tim manajemen PT. Pembangunan Perumahan (PP) pada proyek pembangunan gedung kuliah bersama Universitas Negeri Malang.Metode penilaian risiko kecelakaan kerja menggunakan matrik penilaian risiko, sedangkan untuk metode pengendalian risiko kecelakaan kerjamenggunakan hirarki pengendalian risiko.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) identifikasi risiko kecelakaan kerja menurut jenis pekerjaan terdapat 6, dari semua aktivitas tersebut didapatkaan 47 aktivitas kerja yang berisiko. (2) Penilaian risiko kecelakaan kerja, dari 47 aktivitas didapatkan 24 aktivitas pekerjaan risiko sedang dengan presentase 51%, dan 23 aktivitas pekerjaan risiko rendah dengan presentase 44%. Pekerjaan yang memiliki risiko presentase terbesar yakni pekerjaan struktur sebesar 25,53% dan pekerjaan pondasi sebesar 21,28%. (3) Pengendalian risiko yang bisa dilakukan untuk risiko sedang yaitu dengan melakukan pengendalian engineering, pengendalian administrasi dan pemakaian alat pelindung diri (APD) untuk meminimalisir risiko kecelakaan kerja yang terjadi.