DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Folding BackKelompok Siswa dan Intervensinya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

NOVITASARI, RINDA.

Abstrak


RINGKASAN

Novitasari, Rinda. 2019. Folding Back Kelompok Siswa dan Intervensinya pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(1) Dr. Susiswo, M. Si.,

(2) Dr. Rustanto Rahardi, M.Si.

Kata kunci : folding back, intervensi, sistem persamaan linear dua variabel

Berdasarkan hasil diskusi dengan guru pengajar dan penelitian pendahuluan kepada siswa kelas X SMK Negeri 3 Batu, diketahui bahwa pemahaman siswa tentang materi sistem persamaan linear dua variabel masih kurang. Kurangnya pemahaman siswa dapat mendorong munculnya folding back. Folding back dapat disebabkan adanya intervensi dari orang lain. Intervensi dari orang lain dapat berasal dari guru atau siswa lain ketika siswa berdiskusi dalam kelompok. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai folding back kelompok siswa kelas dan intervensinya pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan folding back kelompok siswa dan intervensinya dalam menyelesaikan soal SPLDV.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kelompok siswa dengan anggota yang aktif mengemukakan pendapat dalam berdiskusi kelompok saat pembelajaran. Data yang dikumpulkan meliputi: 1) data hasil validasi instrumen penelitian, 2) data hasil kerja kelompok siswa, dan 3) data hasil dokumentasi video dan audio. Data hasil validasi diperoleh melalui lembar validasi, sedangkan data folding back dan intervensinya diperoleh melalui lembar tes dan observasi dokumentasi video dan audio. Intervensi yang diberikan kepada masing-masing subjek dideskripsikan berdasarkan sumber intervensinya, sedangkan folding back dideskripsikan berdasarkan bentuknya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa melakukan folding

back dalam menyelesaikan soal SPLDV melalui intervensi. Deskripsi folding back kelompok siswa dalam menyelesaikan soal adalah (1) folding back melalui intervensi peneliti (guru) terjadi berupa intevensi yang disengaja baik terfokus atau tidak terfokus yang terjadi ketika siswa terkendala dalam menggambar grafik dan menentukan variabel; (2) folding back melalui intervensi teman (siswa lain) terjadi berupa intervensi yang disengaja dan tidak disengaja yang terjadi saat kelompok siswa mendiskusikan persamaan linear yang dibuat dan variabel yang digunakan; (3) bentuk folding back yang ditemukan pada kelompok siswa selama berdiskusi menyelesaikan soal adalah mengumpulkan pada lapisan lebih dalam dan bekerja pada lapisan yang lebih dalam.

SUMMARY

Novitasari, Rinda. 2019. Student Group Folding Back and Intervention in the Material of Two Variables Linear Equation Systems. Thesis, Department of Mathematics Education, Graduate, State University of Malang. Advisors: (1) Dr. Susiswo, M. Si., (2) Dr. Rustanto Rahardi, M.Si

Keywords : folding back, intervention, systems of two-variables linear equations.

Based on the results of the discussion with the teacher and preliminary research to class X students of SMK Negeri 3 Batu, it is known that students' understanding of the system material of two-variable linear equations is still lacking. Lack of understanding of students can encourage the emergence of folding back. Folding back can be caused by intervention from other people. Interventions from other people can come from the teacher or other students when students discuss in groups. This prompted researcher to conduct research on folding back classes of student groups and their intervention in material systems of two-variable linear equations. This study aims to describe the folding back of students and their intervention in solving systems of two-variable linear equations.

This research is a qualitative descriptive study. The research subjects were groups of students who actively expressed opinions in group discussions during learning. Data collected includes: 1) data from research instrument validation, 2) student work group data, and 3) data from video and audio documentation. Data from the validation results were obtained through a validation sheet, while folding back data and intervention were obtained through a test sheet and observation of video and audio documentation. The intervention given to each subject was described based on the source of the intervention, while folding back was described based on its shape.

 

The results showed that groups of students folding back in solving systems of two-variables linear equations problems through intervention. Folding back description of students grous in solving the problem is (1) folding back through researcher or teacher intervention occurs in the form of intentional intervention either focused or unfocused that occurs when students are constrained in drawing graphics and determining variables; (2) folding back through the intervention of friends (peer intervention) takes the form of intenional and unintentional intervention that occur when groups of students discuss linear equations and variables used; (3) the form of folding back found in the group of students during the discussion of solving the problem is collecting at an onner layer and working at an inner layer.