DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Profil Dimensi Pengetahuan Siswa SMA Kelas XI Menggunakan Tes Piktorial Pada Materi Kesetimbangan Kimia Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gaya Belajar Siswa

Sofia Baiq Fara Dwirani

Abstrak


RINGKASAN

Sofia, Baiq Fara Dwirani. 2018. Analisis Profil Dimensi Pengetahuan Siswa SMA Kelas XI Menggunakan Tes Piktorial Pada Materi Kesetimbangan Kimia Ditinjau dari Gaya Kognitif dan Gaya Belajar Siswa. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Kimia, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Subandi, M.Si., (II) Dr. Endang Budiasih, MS.

Kata Kunci: dimensi pengetahuan, tes piktorial, kesetimbangan kimia, gaya kognitif, gaya belajar.

Materi Kesetimbangan kimia diberikan di kelas XI MIA, terdiri dari pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif. Materi ini harus dapat dikuasai dengan baik, karena merupakan materi prasyarat dan membangun sebagian besar konsep dasar kimia. Namun pada kenyatannya materi kesetimbangan kimia masih sulit dipahami sebagian besar siswa. Salah satu alasannya adalah bahwa materi kesetimbangan kimia banyak yang bersifat abstrak. Untuk mengatasinya dibutuhkan penggambaran visual baik saat proses pembelajaran maupun saat evaluasi. Oleh sebab itu, jenis tes piktorial dapat menjadi alternatif pilihan bentuk alat evaluasi, karena menggunakan media gambar yang dapat membantu mengurangi keabstrakan suatu materi. Disamping itu hasil belajar siswa juga ditentukan oleh gaya kognitif (field dependent dan field independent) dan gaya belajarnya (visual, auditori, read, kinestetik). Tujuan penelitian adalah: (1) untuk mengetahui profil dimensi pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif) siswa; (2) perbedaan pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif) antara siswa bergaya kognitif field dependent dengan siswa field independent; (3) perbedaan pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif) siswa dengan gaya belajar (visual, auditori, read, dan kinestetik) yang berbeda.

Penelitian ini menggunakan rancangan kausal komparatif bersifat ex-post facto. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMA A dan SMA B, yang keseluruhan berjumlah 86 siswa dari empat kelas. Instrumen penelitian berupa angket gaya kognitif, angket gaya belajar dan tes hasil belajar piktorial. Instrumen angket gaya kognitif mempunyai nilai validitas isi rata-rata sebesar 4,62 (sangat baik), semua soal valid dan koefisien reliabilitas sebesar 0,830 (sangat tinggi). Instrumen angket gaya belajar mempunyai validitas isi sebesar 4,625 (sangat baik). Dan instrumen tes piktorial mempunyai validitas isi 94,4 (sangat tinggi). Terdiri dari 18 soal pilihan ganda dan satu soal uraian dengan reliabilitas masing-masing sebesar 0,812 (sangat tinggi) dan 0,568 (cukup). Karena data terdistribusi tidak normal maka uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik nonparametric Kruskall-Wallis. Jika signifikan maka dilakukan uji lanjut Mann-Whitney U.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profil dimensi pengetahuan siswa pada materi kesetimbangan kimia yang ditentukan menggunakan tes piktorial adalah pengetahuan faktual (72,48%) > pengetahuan konseptual (54,23%) > pengetahuan prosedural (54,07%) > pengetahuan metakognitif (38,37%); (2) Ada perbedaan pengetahuan konseptual dan prosedural antara siswa bergaya kognitif field dependent dengan siswa yang bergaya kognitif field independent. Tidak ada perbedaan pengetahuan faktual dan metakognitif antara siswa yang bergaya kognitif field dependent dengan siswa yang bergaya kognitif field independent; (3) Tidak ada perbedaan pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, metakognitif) antara siswa dengan gaya belajar (visual, auditori, read, kinestetik) berbeda.